Waspada
Waspada » Universitas Pertamina Siapkan Generasi Unggul
Pendidikan

Universitas Pertamina Siapkan Generasi Unggul

Rektor Universitas Pertamina, Prof Ir I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja, Ph.D

JAKARTA (Waspada): Pandemi COVID-19 dengan segala kondisi yang menyertainya, memberikan tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan tinggi. Terutama dalam kaitannya dengan penyiapan SDM terdidik dan terampil yang akan bersaing di pasar tenaga kerja. Saat ini, selain bersaing dengan para pencari kerja pemula, para lulusan perguruan tinggi juga harus berkompetisi dengan pekerja berpengalaman yang terdampak pandemi.

Kondisi ini diperparah dengan tingginya angka pengangguran muda yang selama dua tahun terakhir masih menjadi PR pemerintah Indonesia.

Badan Pusat Statistik pada Februari 2020 mencatat, tingkat pengangguran terbuka tertinggi di Indonesia datang dari kelompok usia 15-24 tahun yang menembus angka 16,28%.

“Jika tidak diatasi, hal ini akan berimplikasi pada meningkatnya angka kemiskinan di Indonesia karena rendahnya serapan sdm usia produktif,” ujar Rektor Universitas Pertamina, Prof I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja dalam sambutannya di acara wisuda ke-4 Universitas Pertamina secara daring, Rabu (31/3).

Dia mengungkapkan bahwa salah satu kunci para lulusan perguruan tinggi agar berhasil dalam kondisi pandemi adalah kemampuan untuk bertransformasi dan beradaptasi dengan cepat.

“Kita perlu melatih diri untuk menjadi individu yang lincah, tangkas, dan fleksibel dalam menghadapi tantangan,” tuturnya.

Pada wisuda ke-4 tahun 2021 ini, Universitas Pertamina (UP) meluluskan 316 sarjana dari rumpun ilmu saintek dan soshum dengan 26% lulusan meraih predikat _cumlaude_. Selain membekali para lulusan dengan keterampilan teoritis dan praktis dalam pembelajaran di kelas dan di laboratorium, UP juga menyiapkan para lulusan untuk menjadi SDM yang ‘siap pakai’. Salah satunya dengan mewajibkan program magang industri bagi seluruh mahasiswa.

Turut memberikan sambutan di acara wisuda ke-4 Universitas Pertamina (UP), M. Erry Sugiharto, Direktur Sumber Daya Manusia PT Pertamina (Persero). Dalam kaitannya dengan penyiapan SDM unggul yang berkarakter dan berwawasan global, Erry mengatakan bahwa PT Pertamina (Persero) memberikan peluang sebesar-besarnya bagi para lulusan UP untuk mengikuti program magang alumni.

“Melalui program ini, kami berharap bisa membantu para lulusan untuk membekali diri dengan keberanian dalam berinovasi. Mereka juga dapat mengembangkan kemampuan diri, meningkatkan pengetahuan dan wawasan, khususnya di bidang bisnis dan teknologi energi yang menjadi kekhususan dari UP. Dan tentunya, kami juga sangat terbuka untuk menerima para lulusan melalui proses rekrutmen secara terbuka,” sambungnya.

Kedepan, Universitas Pertamina akan terus mengepakan sayap menuju cita-cita menjadi universitas berkelas dunia di bidang bisnis dan teknologi energi dengan terus melahirkan Sumber Daya Manusia unggul siap pakai. Selain menghadirkan kurikulum pembelajaran yang terkini, inovatif dan aplikatif, UP juga akan senantiasa mendorong partisipasi aktif para mahasiswa dalam kegiatan penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan magang industri. Para mahasiswa juga akan diberikan kesempatan untuk melahirkan _start-up_ dan inovasi di bidang keilmuannya untuk mempersiapkan mereka terjun ke dunia kerja.(J02)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2