Tim PPTTG Polmed Serahkan Mesin Pencacah Pakan Ternak Kambing - Waspada

Tim PPTTG Polmed Serahkan Mesin Pencacah Pakan Ternak Kambing

  • Bagikan
Tim PPTTG Polmed yang terdiri dari Bambang Sugiyanto didampingi Nisfan Bahri dan Joko Kusmanto menyerahkan mesin pencacah pakan ternak kepada peternak kambing di Desa Tandem Hilir, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deliserdang, Minggu (14/11). Waspada/Ist
Tim PPTTG Polmed yang terdiri dari Bambang Sugiyanto didampingi Nisfan Bahri dan Joko Kusmanto menyerahkan mesin pencacah pakan ternak kepada peternak kambing di Desa Tandem Hilir, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deliserdang, Minggu (14/11). Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Untuk mengatasi masalah pemborosan dan penyediaan pakan ternak kambing tim Pengabdian Penerapan Teknologi Tepat Guna (PPTTG) kepada masyarakat Polmed serahkan mesin pencacah pakan ternak kepada mitra peternak kambing di Tandem Hilir II, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deliserdang, Minggu (14/11).

Tim PPTTG Polmed yang terdiri dari Bambang Sugiyanto didampingi Nisfan Bahri dan Joko Kusmanto mengatakan, selama ini masalah pakan ternak berupa hijauan yang dengan susah payah disediakan peternak tidak semuanya dimakan oleh ternak bahkan 10 hingga 17 persen dari bonggolan hijauan pakan ternak tersebut terbuang menjadi sampah.

“Ini disebabkan ternak kambing tidak mau memakannya meskipun sebenarnya pakan tersebut masih layak untuk dimakan. Dengan banyaknya sisa pakan hijauan yang terbuang, membuat tenaga untuk pengadaan pakan menjadi lebih banyak dan kuantitas serapan pakan oleh ternak menjadi rendah,”ujarnya.

Karena itu tim PPTTG Polmed menerapkan kegiatan program penerapan teknologi tepat guna untuk penghematan dan peningkatan kualitas pakan ternak, penghematan kebutuhan pakan hijauan agar persoalan tersebut dapat diatasi dengan cara mencacah pakan.

“Dengan dicacahnya pakan ternak tersebut maka ternak dapat memakan semua pakan tanpa memilih-milih. Pakan ternak hijauan yang sudah dicacah mudah ditingkatkan kualitasnya dengan dicampur pakan tambahan seperti konsentrat, ampas tahu dan bahan tambah lain sehingga menambah kandungan nutrisi untuk mempercepat proses penggemukan kambing,” ungkapnya.

Hal ini dilakukan tim PPTTG Polmed dengan cara merekayasa mesin pencacah pakan hijauan untuk menghemat persediaan pakan bagi peternak, selain itu menurutnya mitra juga dilatih untuk mengoperasikan dan merawat mesin yang telah dibangun, sehingga proses transfer teknologi dan ilmu pengetahuan dari dunia pendidikan tinggi kepada masyarakat dapat dilaksanakan.

” Dengan mesin pencacah pakan ini penghematan persediaan bahan pakan hijauan, peningkatan kualitas pakan, percepatan proses penggemukan kambing, tambahan keterampilan permesinan, diharapkan dapat meningkatkan keuntungan peternak serta lebih jauh mengembangkan usaha peternakan kambing untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya. (h02)

  • Bagikan