Waspada
Waspada » Tim PKM Polmed Bantu Perajin Kreasi Kulit Kerang Warga Labuhan Deli
Pendidikan

Tim PKM Polmed Bantu Perajin Kreasi Kulit Kerang Warga Labuhan Deli

Tim PKM Polmed bersama mitra pengusaha kecil kreasi kulit kerang saat melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Dusun XV Sukamulya, Desa Pematang Johar, Kecamatan Labuhandeli, Kabupaten Deliserdang. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Dosen Politeknik Negeri (Polmed) Medan melalui program Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) bantu peralatan produksi untuk peningkatan usaha kreasi kulit kerang serta melatih anak usia produktif yang putus sekolah warga Dusun XV Sukamulya, Desa Pematang Johar, Kecamatan Labuhandeli, Kabupaten Deliserdang.

Ketua PKM Siti Asnida Nofianna, S.S.,M.Hum bersama anggota Jojor Lisbet Sibarani,S.E.,M.Si, dan Wirdatun Nafiah Putri, S.T.,M.T mengatakan program ini bertujuan mengatasi permasalahan mitra khususnya Ibu Nur Alia selaku penggerak usaha produktif dan beberapa anak muda usia produktif yang putus sekolah di dusun tersebut.

Dikatakannya, Ibu Nur Alia berusaha membantu keluarganya ke luar dari kemiskinan dan keterpurukan ekonomi dengan membuat aneka kreasi kulit kerang dan rak. Usaha ini telah dilakoninya selama lebih kurang 3 tahun, saat ini usahanya juga memperkerjakan lima karyawan yang merupakan anak muda usia produktif yang putus sekolah warga.

“Dengan usaha ini telah dapat membantu anak-anak muda tersebut untuk memiliki keterampilan membuat hiasan dari kulit kerang, rak dan lemari hias sekaligus meringankan beban ekonomi keluarga mereka,” ujarnya.
Siti Asnida Nofianna menjelaskan, untuk mendukung usaha Ibu Nur Alia tersebut tim PKM memberikan solusi untuk usaha produktif kreatif ini dengan menawarkan aspek produksi seperti pemberian peralatan produksi untuk membantu peningkatan produksi usaha kreasi kulit kerang , serta pelatihan untuk membuat laporan keuangan sederhana untuk usaha kecil.

“Kegiatan PKM ini akan dilakukan selama 3 bulan, mulai dari tahap pengumpulan data, penulisan proposal, seminar proposal, pelaksanaan kegiatan PKM, pembuatan laporan hasil PKM dan pengumpulan laporan akhir. Setelah diimplementasikan maka tahap akhir dari kegiatan ini adalah mengevaluasi kembali program untuk melihat kesesuaian hasil kegiatan,” ujar Siti Asnida Nofianna. (h02)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2