Waspada
Waspada » Tergila-gila Pada Buku, Risma Jadi Tahu Banyak Hal
Pendidikan

Tergila-gila Pada Buku, Risma Jadi Tahu Banyak Hal

Mensos Risma

JAKARTA (Waspada): Tri Rismaharini atau akrab disapa Risma adalah sosok perempuan inspiratif yang mengaku sangat tergila-gila pada buku. Dia yang kini menjabat Menteri Sosial dan pernah sukses memimpin Kota Surabaya, Jawa Timur,  menggemari kegiatan baca buku sejak usianya masih kecil.

“Saya kalau baca buku itu suka lupa waktu. Bahkan bisa sampai jam dua pagi,” ujar Risma, saat berbicara tentang peran literasi dari kacamata kesejahteraan sosial di Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan 2021 secara daring, Senin (22/3).

Dia mengaku tidak akan tahu banyak tanpa membaca buku. Saat bertugas di dinas pertamanan, dia rajin membaca buku tentang tumbuhan dan aneka disain taman-taman yang indah.

“Saya adalah salah satu produk yang pengetahuannya berasal dari membaca buku. Kalau dihitung, lebih dari 1 meter buku setiap Sabtu dan Minggu saya habiskan. Kebiasaan membaca sudah sejak  saya mulai bisa membaca, sampai saya mahasiswa.

Buku, kata Risma, adalah salah satu sahabat terdekatnya.  Tak kurang banyak orang bertanya padanya soal latar belakang pendidikannya, karena dia dianggap paham banyak hal.

“Dengan membaca maka semua imajinasi kita akan dirangsang untuk bisa membayangkan sesuatu yang mungkin bahkan melompati kemampuan batas dari buku itu. Namun kalau kita melihat sesuatu yang sudah lengkap, baik gambar, warna, kemudian suara. Maka imajinasi kita kurang dirangsang untuk kita membayangkan sesuatu. Karena itu kenapa saya tetap berprinsip bahwa anak-anak itu akan lebih baik mereka membaca. Kemudian mereka dapat mengimajinerkan. Dari situ maka kemudian daya kreativitas anak akan terangsang karena biasa mengimajinasikan segala sesuatunya dari membaca itu,” ujarnya, lengkap.

Karena itu Risma berpesan agar orang tua mau memfasilitasi anak-anaknya agar gemar membaca.

“Seperti saya dahulu, kedua orang tua saya sangat mendukung kebiasaan saya dalam membaca,” tandas Risma. (J02)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2