Waspada
Waspada » SMP Muhammadiyah 1 Medan Siap Mencetak Relawan Fardhu Kifayah
Pendidikan

SMP Muhammadiyah 1 Medan Siap Mencetak Relawan Fardhu Kifayah

Majelis Dikdasmen PWM Sumut bersama kepala sekolah, guru-guru dan relawan fardhu kifayah SMP Muhammadiyah 1 usai menyerahkan rompi relawan fardhu kifayah di ruang Ismubakuristik sekolah itu, baru-baru ini. Waspada/Erzilmarkos

 

MEDAN (Waspada) : Keberadaan ruang Ismubakuristik SMP Muhammadiyah 1 Medan diharapkan dapat melahirkan generasi muda yang sholeh dan sholeha dalam upaya mencetak relawan fardhu kifayah yang bermanfaat bagi masyarakat.

Hal itu disampaikan Kepala SMP Muhammadiyah Paiman S.Pd saat menerima kunjungan Majelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumatera Utara di ruang Ismubakuristik SMP Muhammadiyah 1 Medan belum lama ini.

Paiman menjelaskan ruang Ismubakursitik yang baru saja di resmikan merupakan sarana untuk membina dan mengasah kemampuan siswa-siswi SMP Muhammadiyah 1 tentang al Islam Kemuhammadiyaan, bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Tik di sini juga tempat untuk membekali siswa tentang penyelenggaraan fardhu kifayah.

“Kita ingin memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi umat dan masyarakat. Saat ini kita sedang mempersiapkan anak-anak yang memiliki kemampuan melaksanakan fardhu kifayah untuk diterjunkan ke tengah-tengah masyarakat apabila ada yang membutuhkan,” ujarnya didampingi PKS 3 Sarwono Hadi Saputra, S.Pd.

Menurutnya saat ini sudah ada dua tim relawan fardhu kifayah yang terdiri dari 10 siswa laki yang mampu dan siap secara fisik sebagai tim relawan untuk diterjunkan ke tengah-tengah masyarakat. Sementara untuk perempuan pihaknya sedang melakukan pembinaan untuk persiapkan agar bisa diterjunkan ke tengan-tengah masyarakat.

Paiman menjelaskan di ruang Ismubakuristik ini semua peralatan untuk pelatihan penyelenggaran jenazah mulai dari memandikan, mengafani, menyolatkan hingga menguburkan semua telah dipersiapkan.
“Di sinilah anak-anak akan didik dan dibina baik dari segi keilmuan maupun kemampuan fisik untuk menjadi relawan fardhu kifayah,” ungkapnya.

Rompi Relawan Fardhu Kifayah
Majelis Dikdasmen PWM Sumatera Utara H Aripay Tambunan, MM mengapresiasi keberadaan ruang Ismubakuristik SMP Muhammadiyah 1 Medan sebagai wadah mencetak relawan fardhu kifayah.

“Ini sebuah langkah maju di tengah-tengah kurang minat masyarakat untuk menjadi penyelenggara jenazah atau bilal mayit SMP Muhammadiyah 1 Medan kini siap melahirkan para kader relawan fardhu kifayah,” ujarnya.

Sebagai bentuk dukungan dari kegiatan yang dilakukan SMP Muhammadiyah 1 Medan majelis Dikdasmen PWM pada kesempatan itu menyerahkan sekaligus menyematkan rompi kepada 10 relawan fardhu kifayah SMP Muhammadiyah 1 Medan. Dia berharap para relawan ini nantinya mampu menjadi teladan dan menjadi kebanggaan di tengah-tengah masyarakat.

Sementara itu PCM Medan Kota melalui Sekretaris Aswin Bancim, SE M.Pd mengatakan, ini merupakan gebrakan yang dilakukan majelis dikdasmen bersama kepala sekolah di lingkungan PCM Medan Kota. Ruang Ismubakuristik ini sebenarnya hal baru yang disarankan Mejlis dikdasmen Indonesia untuk membuat sebuah ruang laboratorium selain IPA, Kimia dan sebagainya.

Menurutnya Muhammadiyah yang lebih mengedepankan pendidikan karaktar maka perlu mempersiapkan ruang Ismaburistik sebagai tempat untuk mempelajari Al Islam Kemuhamadiyahan, Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Tik.

Selain yang lebih utama untuk mengajarkan anak-anak tentang pelaksanaan fardhu kifayah, karena pendidikan karakter yang diberikan selain ibadah praktis sekolah juga ingin memberikan pendidikan kepada anak-anak itu dalam hal pelaksanaan fardhu kifayah.

“Sehingga ada konsep mungkin Perguruan Muhammadiyah Cabang Medan Kota itu ingin orangtua tidak hanya enak hidup tapi ketika meninggalpun yang menyelenggarakan fardhu kifayah itu adalah anak-anak mereka. Dan Ini adalah suatu kebanggaan dari sekolah Muhammadiyah di mana mereka mampu menyediakan relawan fardhu kifayah dan ini sangat didukung oleh PWM Sumatera Utara,” ujarnya. (h02)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2