Waspada
Waspada » SMANTig Bangga Miliki Sosok Abdul Hafiz
Medan Pendidikan

SMANTig Bangga Miliki Sosok Abdul Hafiz

Waspada/Arianda Tanjung
Waspada/Arianda Tanjunga

MEDAN (Waspada): TIDAK banyak bicara, tapi banyak bekerja.

Inilah sepintas yang terlihat dari sosok Drs H Abdul Hafiz MM, pria yang kini menjabat sebagai Wakil Kepala Sekolah (Wakepsek) Bidang Kurikulum/Akademik di SMA Negeri 3 Medan.

Pria yang lahir di Pulau Banyak (Langkat), 25 Mei 1967 lalu ini terbilang memiliki karir yang cukup baik selama mengabdi sebagai tenaga pendidik.

Tercatat, sejumlah karier yang diraih dalam jabatan, yakni Guru Pendidikan Agama Islam (TMT 1998 s/d sekarang), Wakepsek Bidang Kurikulum/Akademik (TMT 2004/2005 s/d sekarang), Penanggungjawab Program Rintisan SKM/SSN–SMAN 3 Medan (2007-2009).

Lalu, Penanggungjawab Program Sekolah Model SKM/PSB–SMANTig (2010-2014), Penanggungjawab Program Sekolah Model SNP–SMANTig (2015-2016), Plh. Kepala SMANTig (2016), Alumni Diklat Calon Kepala SMA yang dilaksanakan oleh Pemprovsu Tahun 2005, Alumni Diklat Calon Kepala SMA yang dilaksanakan LP2KS Kemdikbud Tahun 2017 dengan predikat Sangat Memuaskan.

Pendidikan yang ditempuh hingga saat ini, SD Desa Pulau Banyak Tanjungpura, Langkat (1981), SMP Negeri 2 Tanjungpura (1984), SMA Negeri 1 Tanjungpura (1987), S-1 Fakultas Tarbiyah IAIN Medan (1992), dan S-2 Manajemen SDM Universitas Muhammadiyah Jakarta (2008).

Abdul Hafiz mengatakan keberhasilan yang dicapai sejauh ini, pengalaman sebagai Wakasek Bidang Kurikulum/Akademik selama lebih kurang 16 tahun serta tercatat sosok paling lama menjabat sebagai Wakasek di SMANTig merupakan hasil dari kerja keras serta doa.

“Alhamdulillah saya juga sebagai salah seorang pemerkarsa program pembangunan di SMANTig, yang semula kumuh, hingga menjadi bangunan megah dan lengkap seperti saat ini, melalui 5 Tahap Pembangunan yang dilaksanakan, dalam kurun waktu mulai dari tahun 2010 hingga tahun 2016,” katanya.

Dirinya juga sosok yang memiliki andil besar dalam memprakarsai penyelesaian pembangunan Masjid SMA Negeri 3 Medan, hingga berdiri megah saat ini.

Peserta terbaik Bimtek Kurikulum 2013 Tingkat Nasional di Jakarta ini juga mengelola SNMPTN di SMAN 3 Medan, sehingga setiap tahunnya siswa yang lulus tak tertandingi sekolah lainnya.

Lalu, sistem pengelolaan administrasi pembelajaran dan penilaian pembelajaran yang terbaik untuk tingkat SMA Kota Medan.

Di mana SMANTig memiliki database dalam bidang akademik yang tertata dengan sangat baik, sehingga kapanpun diperlukan data akademik siswa, maka dengan cepat dapat diketahui oleh guru, siswa dan orang tua siswa.

Sosok yang memprakarsai terjalinnya hubungan kerja sama antara sekolah dengan media massa dalam mempublikasikan prestasi dan kegiatan sekolah, di antaranya dengan Harian Waspada (Kreasi).

Kepala SMANTig Hj Elfi Sahara mengakui Abdul Hafiz merupakan sosok pekerja keras dan cerdas.

Hal itu ditunjukkan selama menjalani tugasnya sebagai Wakepsek Kurikulum/Akademik.

Hal senada juga dikatakan Wakepsek Bidang Humas, Siti Zulfah yang menilai Abdul Hafiz memiliki kinerja yang bagus di SMANTig.

Selama bertugas sebagai Wakepsek Akademik, diakui banyak inovasi dan ide-ide cemerlang yang lahir darinya. (Cat)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2