Waspada
Waspada » Setelah 16 Tahun Vakum, SMA YP. HKBP Pematangsiantar Kembali Buka Pembelajaran Bahasa Jerman
Pendidikan

Setelah 16 Tahun Vakum, SMA YP. HKBP Pematangsiantar Kembali Buka Pembelajaran Bahasa Jerman

alumni, SMA YP HKBP Pematangsiantar Aldentua Siringo-ringo, S.H (kiri)

JAKARTA ( Waspada) SMA Yayasan Pendidikan Huria Kristen Batak Protestan ( YP HKBP) yang didirikan tahun 1954 di Kota Pematangsiantar membangun kemitraan dengan Unity Lutheran College, Murray Bridge South Australia dengan motto ” Grow Together Succeed, Together,” ( Tumbuh Bersama,Sukses Bersama).

Menurut alumni, SMA YP HKBP Pematangsiantar Aldentua Siringo-ringo, S.H adapun yang melatarbelakangi kemitraan ini yakni seiring bertambahnya sekolah – sekolah negeri yang di buka Pemerintah sehingga berdampak kepada SMA YP. HKBP dengan berkurangnya siswa dan kurangnya kepercayaan Masyarakat terhadap sekolah ini.

Untuk pengembangan sekolah – sekolah Lutheran Maka KN-LWF ( Komite Nasional Lutheran Federation) dan LCA (Lutheran Church of Australia) mulai menggagasi kemitraan dengan sekolah – sekolah Lutheran yang ada di Australia dan di Sumatera Utara.

Putra kota turis Parapat ini menjelaskan, diawali dengan kunjungan Dr. Neville Highett sebagai Chair Board Lutheran Ed. Australia pada tahun 2015- 2016 ke SMA SW. YP. HKBP, Kemudian KN-LWF memberikan kesempatan kepada kepala sekolah Lutheran untuk mengunjungi Sekolah Penabur yang berada di Jakarta Pada tahun 2016. Di ikuti dengan kunjungan Glenice Hartwich, Erin Kerber, dan Nevin Nitschke dari Lutheran Church of Australia

Pada Tahun 2017 Mrs. Kaye Mathwin dan Mrs. Athali Mc Ardle selaku kepala sekolah dan college counseller dari Unity Lutheran College melakukan kunjungan pertama sebagai bagian dari Lutheran Church of Australia. Dan pada
saat kunjungan ini Unity Lutheran College memilih SMA YP. HKBP sebagai sekolah Partnership .

Tahun 2018 disusul kunjungan pertama Unity Lutheran College ke SMA YP. HKBP pada tanggal 9 Oktober 2018 s/d 18 Oktober 2018.

” Inilah awal kerja sama SMA YP. HKBP P. Siantar dengan Unity Lutheran College , ” jelas Aldentua Singo-ringo pada saat bincang bincang dengan wartawan, Jumat (16/10) di Jakarta.

Adapun tujuan kemitraan yakni Peningkatan Nilai – Nilai Lutheran, Peningkatan mutu pendidikan dan Pengenalan Budaya.

Kepala SMA YP. HKBP Pematangsiantar Drs. Janri Lauren dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Jerman dan pengembangannya di SMA YP. HKBP Pematangsiantar hingga ditandatanganinya MoU Dengan Kementerian Pendidikan Jerman diwakili ZfA Wilayah Asia, menjelaskan sejak September 2012, dirinya bertemu dengan salah seorang alumni, yakni Aldentua Siringo-ringo, S.H yang selanjutnya intensif berdiskusi dalam rangka pengembangan sekolah,
termasuk wacana menghidupkan kembali pembelajaran Bahasa Jerman setelah vakum selama 16 tahun.

Melalui Rapat Dewan Guru, 3. Juni 2013, disepakati untuk membuka kembali pelajaran Bahasa Jerman di SMA YP HKBP Pematangsiantar. Untuk itu dilakukanlah pencarian Guru Bahasa Jerman dan di akhir Juli 2013, ditetapkan Frau Ferawati Siregar, SPd,MPd. sebagai guru dan pelajaran Bahasa Jermanpun mulai Juli 2013, diterapkan di SMA YP. HKBP, Pematangsiantar. Seterusnya di bulan Januari 2014, dibuka Deutch Club.

Beberapa kali sekolah menerima bantuan buku buku dari Goethe Institut Jakarta, dan akhirnya sekolah membuat kelas khusus pembelajaran Bahasa Jerman yang memiliki Perpustakaan Mini .

Dengan dedikasi dan loyalitas serta dukungan penuh dari sekolah dan Aldentua Siringo – ringo, SH, sebagai alumni, pembelajaran Bahasa Jerman semakin membaik dan siswa antusias mengikuti. Kegiatan selalu di upload di media sosial sehingga SMA HKBP Pematangsiantar menjadi perhatian banyak kalangan di tingkat daerah Nasional bahkan Jerman.

Seiring dengan berjalannya waktu dan atas kerja keras guru, siswa mulai mengikuti berbagai perlombaan Bahasa Jerman di tingkat Kota Pematangsiantar,Provinsi dan Nasional .

Atas dukungan Aldentua Siringo-ringo, pada Juni 2013 menghadirkan Alamson Situmorang selaku Alumni Jerman dari Jakarta, untuk memperkuat pembelajaran Bahasa Jerman di SMA YP. HKBP, bahkan untuk guru- guru Bahasa Jerman di Siantar , Simalungun dan daerah Kabupaten lainnya.

Diakui, pembelajaran Bahasa Jerman semakin membaik, hingga SMA YP. HKBP Pematangsiantar selalu menjadi tempat atau diskusi untuk Guru-Guru Bahasa Jerman se-Kabubaten Simalungun – Kota Pematangsiantar, dengan menghadirkan Multiplicator Sumatera Utara yang difasilitasi Goethe Institute, Jakarta. Bahkan SMA YP HKBP Pematangsiantar menjadi sekretariat Ikatan Guru Bahasa Jerman Siantar – Simalungun. (j05)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2