Waspada
Waspada » SD An Nizam Siap Menyambut Tahun Ajaran Baru 2020-2021
Pendidikan

SD An Nizam Siap Menyambut Tahun Ajaran Baru 2020-2021

Kepala Sekolah SD Islam An Nizam Nirmansyah, S.Ag.MA. Waspada/Ist Kepala Sekolah SD Islam An Nizam Nirmansyah, S.Ag.MA.

MEDAN (Waspada) : Usai menamatkan sebanyak 130 siswa kelas 6 Tahun Pelajaran (TP. )2019-2020, SD An Nizam kini bersiap menyambut TP. 2020/2021, SD Islam An Nizam telah mempersiapkan diri untuk merespon situasi pandemi dengan melakukan penataan sistem belajar siswa di sekolah, bahkan bila kebijakan New Normal dilaksanakan.

Kepala SD Islam An Nizam Nirmansyah, S.Ag.MA.mengatakan, bahwa pihaknya telah melakukan rapat intesif bersama guru-guru dan pihak yayasan untuk merencanakan penerapan New Normal di lingkungan sekolah itu baru-baru ini . Hadir juga ketua yayasan, kordinator pendidikan Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum , Wakil Kepala Bidang Kesiswaan.

Menurut Nirmansyah, sejumlah rencana dipersiapkan yang telah dilakukan diantaranya siswa hadir pukul 07:15 di sekolah. Orang tua siswa wajib mengantar dan menjemput anak-anak tepat waktu untuk menghindari kerumunan di lobi.

“Sembali tetap menunggu pengumuman resmi dari pemerintah. Kami telah melakukan sejumlah persiapan dalam rangka menghadapi New Normal nantinya jika diterapkan di sekolah SD An Nizam,” kata Nirmansyah.
Pihak sekolah dalam hal ini Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) bekerja sama dengan Puskesmas dalam penerapan protokol kesehatan di lingkungan SD Islam An Nizam. Sekolah juga menyediakan fasiliats kebersihan, diantaranya hand sanitizer, tempat cuci tangan, kampanye gemar mencuci tangan pakai sabun, kampanye etika batuk dan berludah, anjuran berolahraga, hingga peringatan untuk menghindari penggunaan alat pribadi bersama dan tidak menggunakan uang tunai.

Selain itu pihaknya juga mengimbah bahwa para siswa diwajibkan memakai masker di lingkungan sekolah siswa, guru, karyawan, orang tua siswa dan tamu wajib cuci tangan siswa, guru dan karyawan yang sakit dilarang masuk sekolah hingga sembuh, tidak ada jabat tangan, melakukan pengukuran suhu tubuh sebelum masuk area sekolah, physical distancing atau menjaga jarak 1 hingga 1,5 meter dalam semua aktifitas belajar dan bekerja.

Nirmansyah juga mengatakan, sebagai sebuah sekolah yang pernah meraih penghar-gaan Bintang Satu untuk Kantin dan Jajanan Sehat dari BPPOM Medan SD An Nizam telah menjadikan kebersihan sebagai salah satu yang paling penting diterapkan di sekolah itu jauh sebelum covid-19 mewabah.

Menurutnya lagi saat ini sembari menyambut tahun ajaran 2020-2021 SD An Nizam saat ini masih terus menerima pendaftaran bagi siswa baru, kepada orangtua siswa yang ingin mendaftarkan anak-anak ke SD An Nizam dia berharap untuk segera mendaftaran anak-anak-nya mengingat kuota yang sangat terbatas.

Untuk sistim dalam pembelajaran satu kelas menempati dua ruangan kelas dengan kombinasi pembelajaran 50 persen tatap muka dan 50 persen daring serta ada ekstrakuliter penyediakan tempat cuci tangan sebanyak 10 unit dan toilet dan operasional kantin dan dapur sekolah mengikuti SOP khusus
Ketua yayasan mengungkapkan apresiasinya dan dukungannya terhadap sekolah yang mempersiapkan New Normal.
“Kalau sudah memungkinkan sebaiknya kita mulai dengan catatan tetap memantau aturan yang berlaku. Baik aturan dari persyarikatan maupun negara. Tapi terlebih dahulu akan disosialisasi terlebih dahulu kepada wali murid, masyarakat dan instansi terkait demi kemajuan sekolah kita,” ungkapnya. (h01)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2