Rayakan Hardiknas, Presiden dan Mendikbudristek Dalam Satu Podcast

  • Bagikan
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim

JAKARTA (Waspada): Meski masih didera pandemi Covid-19, semangat memeringati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) terus digalang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Hardiknas yang jatuh pada 2 Mei 2021, akan dimeriahkannya dengan berbagai kegiatan mengangkat tema “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar”.

Diantara salah satu kegiatan Hardinas 2021, yang paling menarik adalah acara siniar (podcast) inspiratif bersama Presiden Joko Widodo yang dipandu oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim.

Tayangan ini juga akan dimeriahkan oleh beberapa artis ternama antara lain  Andmesh, Yura Yunita, Gamaliel, Sivia, On Frame Dancers serta Padua Suara Pelajar.

Acara tersebut berlangsung tepat 2 Mei 2021 pukul 16.00 WIB di TV Edukasi dan kanal Youtube Kemendikbud.

 

“Keluarga besar Kemendikbud mengajak kepada seluruh warga satuan pendidikan di seluruh Indonesia untuk ikut berpartisipasi memeriahkan Hardiknas 2021 sebagai bentuk dukungan bagi transformasi bidang pendidikan dan kebudayaan,” ujar pelaksana tugas (plt.) Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Kemendikbud, Hendarman, di Jakarta, Sabtu (1/5).

Mengawali peringatan Hardiknas, pada Sabtu (1/5) Kemendikbud bersama Pemerintah Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan para pegiat pendidikan dan kebudayaan menyelenggarakan ziarah ke makam Ki Hajar Dewantoro.

Selanjutnya, pada Minggu (2/5) dilaksakan upacara bendera di kantor Kemendikbud, pukul 08.00 WIB dipimpin langsung oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim. Upacara bendera dilakukan secara tatap muka, terbatas, dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Secara dalam jaringan (daring), upacara dapat di saksikan melalui Youtube Kemendikbud RI.

Instansi pusat, daerah, satuan pendidikan serta kantor perwakilan Indonesia di luar negeri yang berada di zona hijau dan kuning diperkenankan untuk menyelenggarakan upacara bendera Hardiknas 2021.

“Namun upacara bendera harus terbatas, minimalis dan tetap mematuhi protokol kesehatan,” ujar Hendarman.

Selain itu Kemendikbud juga merekomendasikan aktivitas atau kegiatan memperingati Hardiknas Tahun 2021 secara kreatif, untuk membangkitkan semangat belajar di masa Covid-19, serta mendorong pelibatan dan partisipasi publik, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kemendikbud juga menyajikan siniar Hardiknas 2021 dengan narasumber seluruh pejabat Eselon I Kemendikbud yang akan mulai tayang pada 3 sampai 19 Mei 2021 di Kanal Youtube Kemendikbud RI. Sebagai penutup rangkaian peringatan Hardiknas 2021, Kemendikbud juga akan menyelenggarakan pameran virtual Hardiknas 2021 pada tanggal 21 sampai 23 Mei 2021.

Tayangan Hardiknas 2021 dapat disaksikan di TV Edukasi yang mengudara melalui sateli Telkom Merah Putih dan kanal YouTube Kemendikbud RI dengan tautan https://www.youtube.com/c/KEMENDIKBUDRI2021.  (J02)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *