Waspada
Waspada » Raih Sejumlah Prestasi, SMAMSA Terus Berbenah Hadapi Tantangan Dunia Pendidikan
Pendidikan

Raih Sejumlah Prestasi, SMAMSA Terus Berbenah Hadapi Tantangan Dunia Pendidikan

Penyerahan beasiswa bagi siswa berprestasi juara seleksi Popnas pencaksilat yg diserahkan sekolah kepada siswa didampingi orangtua. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Di Usianya yang ke 45 tahun semenjak didirikannya SMA Muhammadiyah 1 (SMAMSA) Medan pada tahun 1976 terus melakukan perubahan dalam menyikapi tantangan dunia pendidikan yang memerlukan formulasi baru dengan visi dan misinya melaksanakan proses pembelajaran untuk belajar dan berlatih dengan tujuan melahirkan generasi yang cerdas dan berkarakter.

“Menjadi SMA Unggul, terpercaya, berkarakter dan berwawasan global maka SMAMSA dan terus berpacu dalam meningkatkan aktivitas pembelajaran yang kreatif dan inovatif adalah merupakan salah satu visi SMAMSA,” ujar Kepala SMAMSA Medan Abdullah Ihsan, S.Pd didampingi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Muhardi Kahar Senin (17/5).

Menurutnya keduanya sesuai peta jalan pendidikan Muhammadiyah, selain menerapkan kurikulum nasional Muhammadiyah mempunyai keunggulan pembelajaran berbasis ISMUBA.

Di mana setiap mata pembelajaran harus memiliki muatan Al Islam kemuhammadiyahan demi lahirnya output yang berkarakter Islam dalam kehidupan dan profesinya masing masing. Proses pembelajaran di masa pandemi ini dilakukan dengan kombinasi daring dan luring walaupun tentunya mengurangi capaian target kurikulum.

Namun untuk Al Islam Kemuhammadiyahan SMAMSA meningkatkan capaian kompetensinya karena menyadari sudah seharusnyalah di masa-masa musibah dan cobaan ini para siswa lebih meningkatkan pemahaman dan pelaksanaan ibadah dan keimanannya.

Dalam hal ini pada saat ujian kenaikan kelas maupun ujian kelulusan pelaksanaan uji kompetensi dilakukan tertulis dan praktek secara individual. “Karena saat ini sekolah mempunyai wewenang dalam menentukan target kelulusan siswa. Bahkan untuk Pengumuman kelulusan tahun ini ada beberapa orang yang kita tunda pengumuman kelulusannya karena masih ada kompetensi Al islam yang belum dipenuhi,” ujarnya.

Abdullah Ihsan, S.Pd menjelaskan, saat ini walaupun dalam masa pandemi dengan minimnya ajang lomba dan kompetisi namun SMAMSA masih mampu menorehkan prestasi seperti cabang Cabang Pencak Silat siswa-siswi SMAMSA mampu meraih prestasi di antaranya juara I putra seleksi POPNAS atas nama Robby Armaya, juara I Putri Riska Utami Piliang, dan Juara II Putri Nazlia Fahira.

Atas prestasi yang diraih pihak sekolah memberi apresiasi dengan memberikan beasiswa berupa gratis SPP untuk juara I selama 6 bulan dan Juara II selama 4 bulan. Selain itu dalam ajang lomba cerdas Cermat IPA tingkat SMA SMAMSA juga berhasil meraih Juara II Cerdas yang dilaksanakan Fakultas Kedokteran UMSU.
Abdullah Ihsan S.Pd selaku kepala sekolah merasa bersyukur atas prestasi yang diraih para siswa sembari berharap agar terus lebih ditingkatkan di masa-masa yang akan datang baik prestasi dalam bidang akademik maupun non akademik.

Sedangkan dari capaian Akreditasi A ( Unggul ) yang diperoleh SMAMSA akhir tahun lalu siswa SMAMSA juga telah banyak yang berhasil melanjutkan studi ke PTN melalui jalur undangan maupun melalui UTBK.
“Untuk tahun ini yang berhasil lulus melalui Jalur SNMPTN dan SPAN PTKIN serta POLTEKES sebanyak 18 orang. Mereka yang berhasil adalah M Rafi Psikologi USU, Rindiani IKS USU, Putri Arta BK UNP, Imam Rafi Kehutanan USU, Yoca Salsabila PKO UNIMED, Riska Ananda Sastra Inggris USU, Annisa Putri Ilmu Hukum USU, M Mukhlis Kimia USU, M Saddam Rafi siddiq Tekhnik Sipil USU, M Bintang Raihan Fotografi ISI Yogyakarta, Span PTKIN Nazwan, Zahratunnisa, M Rafi , Ilham Jaya Kesuma. Untuk POLTEKES Zahratunnia, Friska dan Nurfadiah Utami,” ujarnya. (h02)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2