Waspada
Waspada » Raih Akreditasi Unggul, Rektor UNJ: Siap Menuju Reputasi Terbaik Di Asia
Pendidikan

Raih Akreditasi Unggul, Rektor UNJ: Siap Menuju Reputasi Terbaik Di Asia

Rektor UNJ Prof DR Komaruddin beserta jajarannya, Jumat (5/2)

JAKARTA (Waspada): Setelah melakukan reakreditasi perguruan tinggi pada 25-26 Januari 2021 lalu, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) berhasil memperoleh status Akreditasi Unggul.

UNJ dinyatakan memenuhi syarat peringkat Akreditasi Unggul dengan skor nilai 366, berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT No, 45/SK/BAN-PT/Akred/PT/II/2021.

“Akreditasi Unggul berlaku sejak 2 Februari 2021 hingga 2 Februari 2026,” ujar Rektor UNJ, Prof DR
Komarudin dalam keterangan pers di Jakarta, Jumat (5/2). Hadir dalam kesempatan itu Hadir dalam jumpa pers tersebut Ketua Senat UNJ Prof Hafid Abbas, para wakil rektor, ketua tim akreditasi, perwakilan tim asesor dan pejabat di lingkungan UNJ.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020, akreditasi perguruan tinggi tidak lagi menggunakan model A, B, dan C. Dalam peraturan tersebut BAN PT telah mengeluarkan Regulasi IAPS 4.0 dan IAPT 3.0 yang merupakan instrumen terbaru untuk melihat kualifikasi perguruan tinggi dan kualitas program studi pada Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta.

IAPS 4.0 dan IAPT 3.0 ini lebih memudahkan perguruan tinggi dalam pelaporan status akreditasi perguruan tinggi maupun program studi. Instrumen ini telah didukung oleh teknologi monitoring yang menyeluruh dan pembinaan perguruan tinggi yang lebih baik. Perubahan ini didasari banyaknya perubahan pada tantangan masyarakat, kompetensi baru, dan dunia kerja yang sudah berubah.

Salah satu yang berubah pada Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020 adalah istilah peringkat akreditasi atau peringkat terkareditasi menjadi Unggul, Baik Sekali dan Baik atau Tidak Terkareditasi.

Reakreditasi UNJ melibatkan 6 orang asesor yang ditugasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Mereka adalah Prof. Suhanan dari UGM sebagai Anchor, Prof. Muslimin Ibrahim dari Universitas Negeri Surabaya, Prof. Indra Maipita dari Universitas Negeri Medan, Prof. Seger Handoyo dari Universitas Airlangga, Johan Andoyo Effendi Noor, Ph.D dari Universitas Brawijaya dan Dr. Indriaty Sudirman dari Universitas Hasanuddin.

Komarudin mengaku sangat terharu dan sampai ingin menangis dengan capaian institusi yang dipimpinnya. Menurutnya Akreditasi Unggul yang diraih UNJ saat ini menunjukkan bahwa UNJ merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia yang memiliki berbagai prestasi yang dapat dibanggakan. Baik prestasi yang diraih oleh mahasiswa maupun para dosen.

“Ketika akreditasi UNJ diturunkan dari A ke B pada 2017 lalu, pastilah kami semua bersedih. Karena penurunan itu tak hanya berdampak pada kampus, tetapi juga mahasiswa. Perjuangan seluruh Sivitas Akademika selama tiga tahun ini memperbaiki kinerja, terbayar sudah,” kata Rektor UNJ,Prof Komarudin.

Penetapan akreditasi unggul ini tentu saja bukan akhir segalanya. Agar tak lalai di masa depan, Komaruddin menambahkan, pihaknya melakukan penataan hampir di segala bidang, mulai dari regulasi, sistem informasi hingga tata kelola teknis. Jadi, saat kampus butuh bebagai dokumen bisa dicari melalui dashboard.

“Dalam pemeringkatan Webometric, UNJ ada di posisi ke-58. Seharusnya peringkat UNJ bisa lebih baik lagi, jika tim sistem informasi UNJ bekerja lebih keras lagi. Karena masih banyak data yang belum terupdate dalam sistem Webometric,” ucapnya.

Sementara itu, di pemeringkatan yang dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) 2020, posisi UNJ berada di urutan ke-28. Komarudin yakin posisi UNJ akan terkerek secara alami lewat perolehan status akreditasi unggul tersebut. Apalagi jika usaha itu dibarengi dengan mengejar kriteria lain.

“Setelah pencapaian akreditasi ini, soliditas akan terus ditingkatkan. Komponen internal dan eksternal harus kompak. Apa yang dinilai oleh asesor, harus kita wujudkan dalam kehidupan nyata,” ucapnya.

Komarudin menambahkan, perolehan akreditasi unggul akan menjadi modal bagi UNJ untuk menjadi kampus terbaik di Indonesia. Target jangka panjang adalah bagaimana menjadikan UNJ sebagai kampus bereputasi di kawasan Asia.(J02)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2