Poltekbang Medan Terima Penghargaan WBK - Waspada

Poltekbang Medan Terima Penghargaan WBK

  • Bagikan
Direktur Poltekbang Medan, I Wayan Juliarta menerima sertifikat predikat WBK.
Direktur Poltekbang Medan, I Wayan Juliarta menerima sertifikat predikat WBK.

MEDAN (Waspada): Kementerian PAN RB memberikan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) 2020 kepada Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Medan, Senin (21/12/2020) yang dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom dan penyerahan langsung di Hotel Fairmont, Jakarta. Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri PAN RB, Cahyo Kumolo sebagai rangkaian acara hari Anti Korupsi Sedunia.

Poltekbang Medan berhasil mendapatkan predikat tersebut setelah bersaing dengan 3691 unit kerja yang berasal dari 70 Kementerian/lembaga, 20 Pemerintah Provinsi dan 121 Pemerintah kota/kabupaten. Dari jumlah itu, Poltekbang Medan lolos hingga panel akhir bersama 763 unit kerja percontohan zona integritas lainnya se Indonesia.

Penyerahan dilakukaan dalam acara Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas menuju WBK/WBBM 2020 yang dihadiri oleh Wakil Presiden RI, Bapak KH Ma’ruf Amin, Menteri Perhubungan, Menteri ATRA/BPN, Ketua KPK, Jaksa Agung, Wakil Ketua ombudsman, Wakil ketua Mahkamah Agung, dan perwakilan dari kementrian/lembaga serta Pemerintah Daerah.

Dalam arahannya, Wapres meminta kepada unit kerja yang mendapatkan predikat WBK/WBBM agar dapat mempertahankan dan bisa menjadi contoh bagi unit kerja lainnya.

“Selamat kepada instansi yang mendapatkan predikat WBK/WBBM. Sedangkan bagi unit kerja yang belum memperoleh untuk dapat membenahi dan mengejar ketertinggalan,” ujar Wapres Ma’ruf Amin.

Pada acara penganugerahan ini, Menteri Perhubungan Ir Budi Karya Sumadi juga menerima penghargaan pimpinan perubahan atas prestasi pembangunan 14 unit kerja percontohan zona integritas baru di lingkungan Kementerian Perhubungan.

Direktur Poltekbang Medan, I Wayan Juliarta mengatakan, Poltekbang Medan sudah melakukan langkah-langkah pembangunan Zona Integritas sejak 2017 dengan capaian predikat WBK pada tahun 2020.

“Langkah-langkah tersebut dimulai dari pembudayaan integritas di semua lini di lingkungan Polteknik Penerbangan Medan dengan mengusung slogan HORAS yang memiliki arti harmonis, optimis, realitas, akuntabilitaa dan sinergitas,” jelas I Wayan.

Selain itu, seluruh Pegawai di lingkungan Politeknik Penerbangan Medan telah menandatangani fakta integritas anti gratifikasi.

Poltekbang Medan juga gencar melakukan gerakan anti korupsi melalui pembentukan satgas/tim anti korupsi, memasukkan pendidikan anti korupsi ke dalam kurikum pembelajaran peserta didik.

Untuk selanjutnya, Polteknik Penerbangan Medan akan bekerja keras mewujudkan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). (m31)

  • Bagikan