PKM USU Ajak Karang Taruna Medan Johor Mengolah Sampah Dengan Metode MUSE

  • Bagikan
Anggota Karang Taruna, Kecamatan Medan Johor bersama tim PKM USU saat melaksanakan pengabdian masyarakat di aula Kelurahan Suka Maju, Senin (8/11/2021). Waspada/Ist
Anggota Karang Taruna, Kecamatan Medan Johor bersama tim PKM USU saat melaksanakan pengabdian masyarakat di aula Kelurahan Suka Maju, Senin (8/11/2021). Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Tim Pengabdian Masyarakat FKM Universitas Sumatera Utara yang diketuai Ir. Indra Chahaya, S.,M.Si. beserta Ismil Khairi Lubis, SKM, MPH, Fitri Khairani, SST, MKM, dan Winni R. E. Tumanggor, S.K.M., M.PH. melaksanakan pengabdian masyarakat kepada Karang Taruna, Kecamatan Medan Johor ,Senin (8/11/2021) di aula Kelurahan Suka Maju.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang sepenuhnya didanai Lembaga Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) ini melakukan pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan partisipasi dalam pengelolaan sampah dengan Metode ‘MUSE’ (Mari Ubah Sampah menjadi Eco-enzym)”.

Kegiatan ini juga mengundang praktisi Eco-Enzym Dra. Deni Andayuni, M.Kes. salah seorang penggiat eco-enzym di Kota Medan dari KEEI untuk memaparkan konsep dan teori serta memandu demo pembuatan eco-enzym secara langsung. Eco-Enzym merupakan pengolahan sampah dengan memfermentasi sampah organik (sayur dan buah) yang dicampur dengan molase dan air. Perbandingan molase, sampah organik, dan air yaitu 1:3: 10. Hasil pengolahan sampah ini akan menghasilkan eco-enzym yang akan dipanen 100 hari yang akan datang.

Sebelum dan sesudah demo pembuatan eco-enzym, peserta diberikan pre dan posttest yang dipandu oleh Ismil Khairi Lubis, SKM, MPH dan Fitri Khairani, SST, MKM yang merupakan anggota dalam tim pengabdian ini, untuk mengetahui perbedaan pengetahuan peserta sebelum dan setelah mengikuti kegiatan ini. Harapannya sesudah kegiatan pengabdian ini pengetahuan dan skill pengelolaan sampah pada Karang Taruna Kecamatan Medan Johor dan kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan lingkungan dengan sistem pengelolaan sampah yang baik meningkat.

Ketua Karang Taruna dalam sambutannya menyampaikan bahwa ini sudah yang ke-4 kalinya pengabdian yang dilakukan tim yang diketuai oleh Ir. Indra Chahaya M.Si. “Dari pengabdian-pengabdian yang sudah terlaksana semuanya sangat bermanfaat untuk kami dan semoga kerjasama ini terus terjalin dengan baik”, tutur beliau.(h02)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *