Perguruan Istiqlal Delitua Antusias Peringati Hari Guru

  • Bagikan
Pembina Yayasan Perguruan Istiqlal Delitua menjadi Irup pada upacara peringatan hari guru yang dilaksanakan di sekolah itu, Kamis (25/11).Waspada/Erzilmarkos
Pembina Yayasan Perguruan Istiqlal Delitua menjadi Irup pada upacara peringatan hari guru yang dilaksanakan di sekolah itu, Kamis (25/11).Waspada/Erzilmarkos

MEDAN (Waspada): Upacara peringatan hari guru nasional 2021 di lingkungan Perguruan Istiqlal Delitua, Kamis (25/11) berlangsung khidmat dan terlihat para guru sangat antusias mengikuti upacara ini.

Ketua Yayasan Perguruan Istiqlal Prof Jumino Sihadi yang bertindak selaku Irup Upacara menyampaikan selama hari guru yang ke-76 kepada pada guru-guru di seluruh Indonesia dan khurusnya guru perguruan Istiqlal Delitua.

Menurutnya guru di Indonesia awalnya kurang dimuliakan tapi belakangan ini pemerintah muliakan guru yaitu dengan adanya sertifikasi sehingga kehidupan guru sudah mulai termasuk layak dan kita bersyukur untuk itu.

Karena itu pihaknya menegaskan agar para guru kembali kepada fungsi semulai sesuai filsafat Ki Hajar Dewan Tara yaitu Ingarso sang tulodo yaitu ketika berada di depan harus bisa menjadi seorang sosok yang diteladani, Ingmaduo Mangun Karso ketika bersama siswa dia harus bisa menunjukkan kerja nyata dan tut wuri handayani dan ketika dia berada di belakang dia harus bisa menyemangati siswa yang ada di depan agar bisa berpacu untuk maju.

“Dan ini sesuai dengan target dari UUD 45 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dengan kecerdasan inteligen, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual, selain itu guru juga harus siap dengan kemajuan teknologi seperti saat ini ketika tidak bisa dilaksanakan pembelajaran tatap muka maka harus dilaksanakan pembelajaran secara jarak jauh yang menuntut guru mau tidak mau guru harus menguasai teknologi,” ujarnya.

Panitia hari perguruan Istiqlal Delitua Supangat mengatakan berbagai kegiatan digelar selama hari guru dimulai dari tanggal 24 Novemberi yaitu melaksanakan senam bersama seluruh guru-guru di perguruan Istiglal, selanjut pertandingan futsal yang diikuti para bapak guru dari masing-masing unit, dan untuk ibu guru dilaksanakan kegiatan lomba menyajikan nasi tumpeng yang dinilai oleh pembina yayasan selanjutnya acara puncak dilaksanakan upacara bendera.

Kepala SMK Istiqlal menyambut baik dan bersyukur dengan kegiatan upacara pada hari sebagai sesuartu yang sangat dirindukan karena selama hampir 2 tahun Pandemi Covid-19 yang membuat berbagai kegiatan tidak dapat dilaksanakan.

“Kami berharap semua guru-guru tetap semangat terutama dalam rangka mendidik dan mencerdaskan anak bangsa dengan penuh kreatifitas di zaman digital yang luar biasa, pandemi tetap membawa berkah khusus bagi guru-guru untuk lebih memperdalam ilmu pengetahuan dan teknologi,” ujarnya.

Sementara itu kepala SMA Istiqla Delitua Drs. H. Endatarigan menyampaikan terima kasih kepada para guru yang sangat bersemangat memperingati hari guru kali ini, karena selama pandemi komunikasi di antara guru sangat kurang maka pada hari ini mereka dapat berkumpul kembali.

Dia berharap hari guru ini menjadi hari pencerahan untuk ke depan lebih baik lagi dalam menghadapi masa covid-19, dia juga meminta kepada pemerintah agar benar-benar tegas untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka ini, dan segera mengevaluasi sistim pembelajaran ini sehingga di tahun 2022 ini sekolah dapat dibuka selebar-lebarnya untuk pembelajaran yang lebih luas.(h02)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *