Waspada
Waspada » Pengabdian Masyarakat USU, Ajak Warga Pasar Tradisional Wujudkan Belanja Sehat
Pendidikan

Pengabdian Masyarakat USU, Ajak Warga Pasar Tradisional Wujudkan Belanja Sehat

Waspada/Ist Tim Pengabdian Masyarakat bersama dengan Lurah, Kepala Lingkungan, Pengelola Pasar dan Karang Taruna, Kecamatan Medan Johor

MEDAN (Waspada): Tim Pengabdian Masyarakat Dosen Universitas Sumatera Utara yang diketuai oleh Ir. Indra Chahaya, S.,M.Si. beserta Ir. Novrial, M. Eng., Winni R. E. Tumanggor, S.K.M., M.PH. dan Arifa Masyitah Panjaitan, S.K.M., M.Kes, telah melaksanakan pengabdian masyarakat pada periode April hingga September 2020 di Pasar Tradisional Karya Kasih dan Karya Jaya Kecamatan Medan Johor Kota Medan. Kegiatan ini dihadiri oleh Lurah Pangkalan Mahsyur, Kepala Lingkungan setempat, pihak pengelola pasar serta mitra terkait yaitu Karang Taruna Kecamatan Medan Johor.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang sepenuhnya didanai Lembaga Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) ini memberikan teknologi tepat guna berupa Westafel Pedal Praktis. Menurut Ir. Indra Chahaya, Rabu (12/8), kegiatan yang dilakukanyak ini untuk mewujudkan Gerakan Belanja Sehat Basuh Tangan Mari Higienis dengan Pedal Praktis (MAHIDALIS) dengan membuat serta mendistribusikan Wastafel Pedal Praktis kesejumlah Pasar Tradisional yang berada di kecamatan Medan Johor. Kegiatan ini bertujuan agar dengan keberadaan Wastafel Pedal Praktis yang menjadi sarana sani tasi di pasar tersebut bisa membantu memutus rantai penularan COVID-19 karena tergolong efektif sebab cara penggunaanya hanya diinjak tanpa harus melakukan kontak fisik atau sentuhan terhadap alat tersebut.

Tim pengabdian masayakat bekerjasama dengan mitra Karang Taruna Kecamatan Medan Johor sebagai ujung tombak penggerak masyarakat dalam mewujudkan Gerakan Belanja Sehat Basuh Tangan.

Selain kegiatan tersebut, Karang Taruna dan para pengguna pasar setempat diberikan sosialisasi terkait dengan penggunaan Wastafel Pedal Praktis agar mudah diaplikasikan sehari-hari. Kegiatan tambahan berupa pemasangan spanduk dan pembagian leaflet, hand sanitizer serta masker secara gratis sebagai media informasi, menambah wawasan dan menarik perhatian masyarakat di pasar tersebut.

Target secara keselurahan dari kegiatan ini yaitu untuk membantu memutuskan rantai penularan COVID-19 di tempat-tempat umum yang selama ini luput dari perhatian masyarakat salah satunya seperti pasar tradisional. (h02)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2