Pendidikan dan Ekonomi Harus Saling Melengkapi
Pidato Nadiem di Puncak Gernas BBI

  • Bagikan

AMBON (Waspada): Pendidikan yang berkualitas akan menghasilkan lulusan yang kreatif dan mampu mengolah sumber daya ekonomi yang menyejahterakan masyarakat. Masyarakat yang sejahtera mampu mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

“Itulah yang menyebabkan keterkaitan antara sektor pendidikan dan ekonomi menjadi sangat penting,” ujar Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Menristekdikbud) Nadiem Anwar Makarim dalam pidatonya pada puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) #AromaMaluku, di Ambon, Maluku, Senin (29/11).

Karena itu, komitmen memperkuat kerja sama antara satuan pendidikan dengan dunia usaha dan dunia industri terus dilakukan.  Salah satunya melalui Program SMK Pusat Keunggulan, Kampus Merdeka Vokasi, dan Kampus Merdeka.

“Hal ini sebagai bentuk inisiatif Gernas BBI #AromaMaluku yang mengedepankan sinergi sebagai upaya mewujudkan penguatan ekonomi yang merata dan berkelanjutan,” imbuh mendikbudristek.

Hasil dari kolaborasi antara dunia pendidikan dan industri ini, dikatakan Nadiemz sangat luar biasa. Melalui platform Kedaireka, Kemendikbudristek mencatat  total kontribusi industri proyek bersama kampus dan perusahaan sebesar lebih dari Rp 1,1 triliun.

“Kontribusi ini menguatkan ekosistem riset dalam lingkup pendidikan dan inovasi pelajar,”ujarnya.

Selanjutnya ia mengingatkan dengan hilangnya sekat pembatas perlu dibarengi dengan transformasi, seperti mampu memperkenalkan karya Maluku ke publik yang lebih luas melalui media e-commerce.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan juga menyampaikan apresiasi kepada Kemendikbudristek. Menurutnya Merdeka Belajar telah menjadi solusi kesenjangan antara pendidikan dan dunia industri.

“Saya juga berharap karya pendidikan vokasi dapat dimanfaatkan oleh industri dalam negeri, termasuk kementerian, lembaga, dan pemda,” ucapnya.

Gernas BBI #AromaMaluku ini merupakan salah satu upaya pemerintah melalui Kemendikbudristek untuk mendorong UMKM dan produk vokasi di Maluku.(J02)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.