Waspada
Waspada » Pemerintah Bahas Pembukaan Sekolah Di Luar Zona Hijau
Pendidikan

Pemerintah Bahas Pembukaan Sekolah Di Luar Zona Hijau

Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo

JAKARTA (Waspada): Gugus Tugas Penanganan Covid-19 bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah membahas rencana pembukaan kembali sekolah di luar zona hijau.

“Bersama mendikbud kami tengah membahas rencana memberi kesempatan sekolah tatap muka dengan cara terbatas di luar zona hijau,”ujar
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo usai menerima arahan dari Preside Joko Widodo di Istana Presiden, Senin (27/7/2020).

Data terbaru dari Satgas Covid-19 menyebutkan, jumlah zona kuning atau berisiko rendah bertambah dari 204 menjadi 210 wilayah.

Sedangkan zona hijau alias daerah tidak terdampak Covid-19 berkurang dari 104 menjadi 100 lokasi minggu ini.
Zona merah atau berisiko tinggi penularan, bertambah jadi 35 wilayah.

Selain itu jumlah zona oranye atau berisiko sedang juga menurun dari 177 menjadi 169 lokasi.

Sebelumnya Doni pernah menyebutkan juga rencana membuka sekolah di luar zona hijau. Bila disetujui, jumlah siswa yang masuk harus dibatasi.

“Hanya maksimal dua kali ikut kegiatan. Presentase pelajar di ruangan tak boleh lebih dari 25-30 persen,” ujar jenderal bintang tiga itu.

Doni menyebut pembukaan sekolah di zona kuning berdasarkan permintaan wali murid.

Pertengah Juli lalu, lembaga survei Alvara Research Center menyatakan 45,5 persen orang tua setuju anaknya kembali sekolah dengan beragam alasan.

Sebanyak 41,3 persen orang tua menilai belajar di rumah tak efektif. Banyak anak justru memakai waktu untuk bermain ketimbang belajar.

Sementara itu, 38 persen orang tua mengatakan anaknya bosan belajar di rumah dan 35,4 persen menyatakan anak susah belajar di rumah. Sebanyak 33 persen orang tua menyampaikan anaknya lebih banyak main keluar rumah dari pada mengerjakan tugas sekolah.

“Sebanyak 31,3 persen menyatakan anaknya kangen belajar di sekolah. Sekitar 27 persen orang tua tidak memiliki teknik mengajar yang baik dan 23,6 persen belajar di rumah menghabiskan kuota internet.

Sebanyak 22,7 persen orang tua mengatakan belum memahami substansi pelajaran. Selain itu, 14,9 persen orang tua masih bekerja sehingga sulit memantau dan mengajarkan anak.

Direktur Jenderal PAUD Dikdasmen Kemendikbud, mengatakan benar ada rencana pembukaan sekolah tatap muka terbatas di luar zona hijau.

 

“Sedang dibahas. Kemungkinan minggu depan keputusannya,” ujarnya kepada Waspada, Senin (27/7/2020).

Dia mengatakan, tahapan pembukaan sekolah sebenarnya sudah ada di SKB 4 Menteri tentang pendidikan di masa pandemi.

 

“Tentu saja sesuai  arahan gugus tugas  Covid-19 untuk membuka sekolah non hijau saat ini sedang kami diskusikan secara intensif. Mohon tunggu sampai akhir minggu ini,” ujarnya singkat. (J02)

 

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2