Mendikbud Semangati Pemda Gelar PTM Terbatas - Waspada

Mendikbud Semangati Pemda Gelar PTM Terbatas

  • Bagikan
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim

JAKARTA (Waspada): Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim meminta agar pemerintah daerah mau secara perlahan dan terbatas melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah. PTM sangat penting, khususnya bagi daerah yang sulit mendapat sinyal internet hingga terkendala dalam pelaksanaan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ).

“Kami mohon agar pemerintah daerah pelan-pelan membuka PTM secara terbatas di sekolah-sekolah, bahkan jika memang hanya sehari atau dua hari. Proses latihan ini sangat penting, karena vaksinasi harapannya akan mengakselerasi proses PTM itu dalam beberapa bulan ke depan,”  ujar Nadiem dalam peluncuran bantuan kuota belajar 2021, Senin (1/3).

Nadiem menyadari akan adanya bahaya learning loss atau hilangnya kemampuan untuk belajar pada sebagian anak-anak Indonesia selama pandemi ini. Makanya dia memohon agar pemerintah daerah mau secara perlahan membuka sekolah meski dengan penuh kehati-hatian.

“Kita tidak ingin anak-anak kita tambah tertinggal. Makanya mohon para pemimpin daerah mau membuka sekolahnya meski terbatas,” ujar Nadiem.

Nadiem mengatakan saat ini sudah ada lebih dari 34 ribu sekolah yang melakukan tatap muka. Sisanya, atau 186 ribu lebih, masih belajar dari rumah.(J02)

  • Bagikan