banner 325x300

Mendikbud Nadiem Ingin UT Wujudkan UT Siber

  • Bagikan
Mendikbud Nadiem Makarim

TANGERANG SELATAN (Waspada): Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim memuji Universitas Terbuka (UT) dalam kiprahnya meningkatkan akses pendidikan tinggi di Tanah Air. Dengan jumlah lulusan mencapai lebih dari 1,7 juta orang, prestasi UT sulit dicari tandingannya, bahkan di tingkat dunia.

“1,7 juta lulusan UT selama ini, itu luar biasa dan sukar ditandingi oleh perguruan tinggi lain di Indonesia, bahkan di dunia. Saya sangat mengapresiasi kinerja UT sebagai kampus dengan biaya terjangkau dan mampu menjangkau segala lapisan masyarakat,” ujar Nadiem, dalam video sambutan Dies Natalis UT ke-36 yang disaksikan secara terbatas di Kampus UT, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Jumat (4/9).

Pandemi Covid-19, lanjut mendikbud, telah menghadirkan transformasi dahsyat sekaligus membuka mata pada kehadiran teknologi dalam dunia pendidikan, khususnya pendidikan tinggi di Indonesia.

UT telah menjadi contoh dalam hal penggunaan teknologi pembelajaran jarak jauh selama lebih dari tiga dasawarsa ini.

Karena itu, lanjut Nadiem, UT patut menjadi pemimpin atau leading sector dalam upaya meningkatkan kapabilitas pembelajaran online di pendidikan tinggi Tanah Air.

“Karena itu pula saya meminta agar UT segera merealisasikan perannya yang lebih besar lagi dalam memajukan pendidikan jarak jauh di Indonesia. Gagasan UT Siber harus terwujud,” ujar Nadiem, semangat.

Nadiem juga meyakini kalau UT di seluruh unit pembelajarannya yang tersebar di berbagai pelosok, mampu mengemban program besar Kampus Merdeka. Hal itu disebabkan UT telah mampu menyentuh seluruh masyarakat sampai lapisan paling bawah dan sulit dijangkau, sehingga perannya dalam pengabdian masyarakat telah terlaksana.

Di sisi lain, Nadiem meyakini UT akan terus mampu memenuhi keinginan masyarakat untuk belajar sepanjang hayat (long life education). Dan UT harus terus berkembang supaya layanan itu makin berkualitas.

Rektor UT, Ojat Darojat mengatakan UT sudah menyiapkan berbagai hal terkait UT Siber. Di platform digital itu nantinya, UT akan menjadi pengelola galeri yang isinya adalah profil berbagai program studi online di pendidikan tinggi negeri maupun swasta.

Calon mahasiswa dapat dengan mudah melihat apa saja prodi online yang akan ditempuh melalui platform UT Siber ini.

“Ketika masyarakat mengklik satu prodi di UT Siber, maka akan langsung terkoneksi dengan perguruan tinggi penyedianya,” ujar Ojat.

Dalam kesempatan Dies Natalis UT, hadir juga Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany. Airin mengaku bangga dengan keberadaan UT di wilayahnya. Dia mengakui peran UT dalam membimbing kualitas guru-guru di Tangsel sangat kuat.

“Pandemi telah membawa kita semua pada kondisi gagap teknologi dan metode pembelajaran daring. UT sudah berpengalaman dalam hal itu dan tentu saja sangat besar perannya bagi kemajuan pendidikan di Tangsel, khususnya,” tandas Airin. (J02)

  • Bagikan