Waspada
Waspada » Membudayakan Norma Baru Dalam Kehidupan Serumpun Antara Indonesia Dan Malaysia
Pendidikan

Membudayakan Norma Baru Dalam Kehidupan Serumpun Antara Indonesia Dan Malaysia

Webinar PPM Internasional Series #2 di Aula FKM USU. Waspada/ist

MEDAN: Waspada): Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara (FKM USU) melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat Kerjasama Internasional dengan University Kebangsaan Malaysia Communication for Behavioural Impact (COMBI) Malaysia.

Kegiatan yang dilakukan sejak September – Desember 2020 dengan lima tahapan, yaitu Web Series #1 Perjalanan Kebijakan dan Implementasi Covid – 19 di Indonesia dan Malaysia; Survei Protokol Covid – 19 di berbagai komunitas di tempat – tempat umum Kota Medan; Web Series #2 Penyuluhan Kesehatan Masyarakat: Upaya Pencegahan Covid – 19 di tempat – tempat umum; Web Series #3 Knowledge, Attitude, and Practice of Various Communities in Indonesia and Malaysia in Facing Covid – 19; dan Pemberian fasilitas cuci tangan, masker, handsanitizer kepada masyarakat di tempat – tempat umum Kota Medan.

Kedua penyuluhan kesehatan masyarakat sebagai upaya pencegahan Covid – 19 di tempat – tempat umum dan yang ketiga adalah Knowledge, Attitude, and Practice of Various Communities in Indonesia and Malaysia in Facing Covid – 19, serta pemberian fasilitas cuci tangan, masker, handsanitizer kepada masyarakat di tempat – tempat umum kota Medan.

Tim Pengabdian FKM USU diketuai Ir. Etti Sudaryati, M.K.M., Ph.D. dan beranggotakan enam orang dosen antara lain, Prof. Dr. Dra. Ida Yustina, M.Si., Prof. Dr. Drs. Heru Santosa, M.S., Dra. Nurmaini, M.K.M., Ph.D., Ir. Indra Chahaya, M.Si., dr. Fazidah Aguslina Siregar, M.Kes., Ph.D., dan Destanul Aulia, S.K.M., M.B.A., M.Ec., Ph.D.

Menurut Ir. Etti Sudaryati, M.K.M., Ph.D., Sabtu(5/12) sasaran kegiatan ini adalah akademisi dan masyarakat. Bentuk kegiatan berupa pertemuan secara online dengan webinar sebanyak tiga kali. Pertemuan pertama adalah membagi pengalaman tentang implementasi kebijakan antara Indonesia dan Malaysia.

Pertemuan kedua berbagi pengalaman dalam penanganan covid yang dilakukan masyarakat Indonesia dan Malaysia. Pertemuan ketiga berbagi pengalaman tentang Knowledge, attitude and practice of various communities in Indonesia dan Malaysia in Facing covid-19”.

“Target secara keselurahan dari kegiatan ini yaitu untuk membantu memutuskan rantai penularan Covid – 19 melalui partisipasi masyarakat sasaran dalam mematuhi protokol Covid – 19 serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari – hari,” ujarnya.

Etti Sudaryati menjelaskan, dari hasil survei yang dilakukan, sebagian besar masyarakat di Kota Medan telah memahami perilaku untuk mencegah penularan Covid – 19. Masyarakat di tempat – tempat umum sudah memiliki pengetahuan yang baik mengenai protokol kesehatan meskipun belum diterapkan secara maksimal, seperti physical distancing minimal 1 meter dan pengurangan kebiasaan berkumpul di kafe atau tempat makan.

“Pelaksanaan penyuluhan kesehatan masyarakat juga telah dilaksanakan dengan baik untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam hal pengetahuan, sikap, dan tindakan dalam mencegah penularan Covid – 19 serta dengan pengadaan fasilitas pencegahannya yang dapat mendukung masyarakat untuk menerapkan PHBS terutama dalam mematuhi protokol Covid – 19 di tempat – tempat umum di Kota Medan,” imbuhnya.(h02)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2