Scroll Untuk Membaca

Pendidikan

Marketing Konten Semakin Tren

DALAM beberapa bulan ini kita sering dihebohkan oleh orang yang tiba-tiba menjadi terkenal. Hal itu terjadi karena kecanggihan teknologi dan mereka yang mengikuti tren dari media sosial. Salah satu nama yang sedang naik daun yaitu Livy Renata, kini menjadi buah bibir di tanah air karena konten Tik Tok nya yang viral. Ia menjadi kian terkenal setelah di undang di berbagai acara, baik televisi nasional maupun konten youtube. Livy yang menguasai 4 bahasa ini juga memiliki hobi bermain game online, karena hobinya tersebut Livy di dapuk menjadi Brand Ambassador Alter Ego, sehingga ia mulai mempromosikan game online dimana-mana. Ini semua tidak terlepas dari konsep marketing konten, sehingga Livy menjadi terkenal karena kontennya di Tik Tok. Namun, apa itu marketing konten?

Marketing konten atau pemasaran konten yaitu teknik pemasaran yang mengkonsepkan strategi menggunakan konten yang berkualitas sehingga para penonton tertarik terhadap penyajian konten yang diberikan. Dalam pemasaran konten terdapat proses pembuatan dan pendistribusian konten guna untuk mendapatkan perhatian audience. Pemasaran konten merupakan teknik yang sedang tren saat ini, dimana banyak perusahaan yang turut melakukan hal serupa. Audience merasakan manfaat dari informasi yang diberikan, karena mudahnya mengakses informasi melalui konten sebelum melakukan keputusan pembelian.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Marketing Konten Semakin Tren

IKLAN

Pemasaran konten juga dapat di tafsirkan sebagai jurnalisme brand dimana terdapat bonding yang kuat antara brand dengan pelanggannya. Pemasar saat ini menghadapi rintangan besar ketika mencoba menjangkau pelanggan dengan iklan tradisional, karena pelanggan tidak selalu mempercayainya. Pelanggan lebih suka meminta saran teman atau keluarga untuk memberikan opini jujur tentang suatu brand. Seperti yang kita lihat sekarang ini, kita lebih percaya dengan iklan suatu produk jika kita melihat rasio dari sebuah Instagram maupun kolom komentar online shop. Media sosial berperan besar dalam pergeseran ini.

Bentuk pemasaran konten yaitu

  1. Blog
    Blog pemasaran yaitu suatu teknik pemasaran modern dengan menggunakan platform online sebagai wadah dalam memberikan informasi sehinggan manfaat bagi bloger secara tidak langsung dapat memasarkan produk maupun layanan.
  2. Video
    Video merupakan alat pemasaran yang dapat membuat audience tidak jenuh dalam menikmatinya. Syaratnya, video yang dibuat harus unik, kreatif dan informatif sehingga bisa menjadi sebuah terobosan dalam pemasaran konten.
  3. Email
    Email marketing yaitu email yang berisikan konten pemasaran yang memuat pesan tentang layanan yang ditawarkan kepada pelanggan.
  4. Podcast
    Podcast marketing berisikan konten yang sedang viral di dunia sehingga pembahasannya menarik untuk di bahas. Podcast hadir melakukan kerja sama dengan brand, karena dianggap membuat citra perusahaan meningkat. Podcast biasanya tayang di Youtube dengan menawarkan konsep radio.
  5. Sosial Media
    Sosial media juga merupakan bagian dari konten pemasaran dimana banyak orang menjadi terkenal karena kontennya. Contoh sosial media yang banyak digunakan seperti Tik Tok, Instagram, Twitter dan lain sebagainya.

Pemasaran konten step by step

  1. Menetapkan tujuan yang ingin di capai. Baik tujuan pembangunan brand maupun tujuan pertumbuhan penjualan
  2. Pemetaan target pasar yaitu audience mana yang ingin dituju.
  3. Ide dan rencana konten, setelah pasar yang dituju jelas, maka selanjutnya mencari ide dan rencana konten seperti apa yang ingin di bangun baik tema dan jalan cerita.
  4. Menciptakan kontennya. Siapa yang menjadi konten creatornya baik internal maupun agensi, sehingga konten tersebut terjadwal.
  5. Mendistribusi konten. media sosial apa yang digunakan untuk menyampaikan pesan dalam konten.
  6. Pengetahuan konten, bagaimana isi dari konten dapat memberikan pengetahuan bagi para pendengarnya sehinggan ada nilai yang diciptakan.
  7. Evaluasi pemasaran konten, setiap langkah yang telah diambil, perusahaan wajib melakukan evaluasi.
  8. Dengan adanya evaluasi dalam proses pembuatan konten, dapat dilakukan perbaikan sejalan dengan waktu sehingga dapat di terima oleh audience yang dituju.

Contoh marketing konten.

Marketing terkadang membuat kita tidak mengerti apa yang sedang terjadi dan berpikir out of the box.

Seperti pawang hujan Moto GP di Indonesia yang membuat heboh seluruh dunia hingga menjadi trending di twitter dan berbagai media nasional maupun International. Berkat pawang hujan di Mandalika banyak orang mencari di website tentang Moto GP, Mandalika, dan Indonesia, hingga terjadinya promosi gratis yang berujung pada ketertarikan orang-orang untuk melihat berita mengenai apa yang terjadi di Moto GP Mandalika. Hal ini menjadikan Indonesia semakin terkenal. Ditambah dengan peserta pembalap yang memposting foto-foto keindahan alam di Lombok serta mereka juga tersanjung dengan kearifan lokal yang ramah dan santun. Terlepas pro dan kontra tentang pawang hujan, Moto GP Mandalika berjalan sukses dan perserta pembalap Moto GP juga berhasil melakukan pemasaran konten gratis di media sosial mereka. Mari kita lihat Apakah pemasaran konten ini berhasil meningkatkan wisatawan di Lombok?

Penulis adalah Dosen dan Mahasiswa S2 Ilmu Manajemen FEB Universitas Sumatera Utara
Update berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran favoritmu akses berita Waspada.id WhatsApp Channel dan Google News Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp dan Google News ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE