Waspada
Waspada » Majalah Mata Air Gelar Lomba Baca Buku Tentang Rasulullah
Pendidikan

Majalah Mata Air Gelar Lomba Baca Buku Tentang Rasulullah

Tegar dan Astri dari Majalah Mata Air saat menyampaikan kriteria lomba Semua Membaca tentang Rasulullah SAW, Sabtu (22/8).

JAKARTA (Waspada): Guna lebih menghayati dan mengamalkan nilai-nilai yang disampaikan dalam kehidupan Rasulullah, majalah Mata Air menggelar lomba baca buku bertajuk ‘Semua Membacanya’.

Lomba didasarkan pada hasil membaca 2 buku tentang Nabi Muhammad SAW. Pertama adalah buku berjudul Cahaya Abadi Muhammad SAW Kebanggaan Alam Semesta Jilid 1, karya Muhammad Fethullah Gulen. Buku ini dapat dapat dibeli di: https://bit.ly/cahaya-abadi

Buku kedua yakni Sirah Nabawiyah, karya Syekh Shafiyurrahman al Mubarakfuri, dapat dibeli di: https://bit.ly/siroh-nabi.

“Lomba ini untuk menyambut bulan kelahiran Rasulullah yakni Rabiul Awal yang jatuh pada Oktober mendatang,” ujar koordinator pelaksana lomba, Tegar R Ramadan, saat telekonferensi lewat aplikasi zoom, Sabtu (22/8).

Perlombaan ini berlaku bagi semua kalangan dan usia. Pendaftarannya sudah dimulai sejak 17 Agustus dan berakhir 6 September 2020.

Tahap selanjutnya adalah membaca buku, 7 September – 24 Oktober 2020.

Ada juga tahap seminar pada 12 dan 26 September serta 10 dan 24 Oktober 2020 pada setiap pukul 13.00-14.00 WIB.

Tahap inti yakni pelaksanaan lomba lewat online dilakukan pada Minggu, 25 Oktober 2020.

“Seremoni pembagian hadiah dikakukan pada Minggu, 1 November 2020,” imbuh Tegar.

Total hadiah mencapai Rp60 juta yang akan dibagikan sampai kepada 33 pemenang.

Rinciannya adalah:

Juara 1 : 10.000.000 IDR

Juara 2 : 7.000.000 IDR

Juara 3 : 5.000.000 IDR

Juara 4-13 : 2.000.000 IDR

Juara 14-23 : 1.000.000 IDR

Juara 24-33 : 500.000 IDR

Setiap selesai seminar akan ada quiz. Proporsi skor quiz sebesar 40 persen dari rata-rata 4 quiz dari 4 seminar tersebut. Artinya, mengikuti seminar adalah bagian dari penilaian lomba.

Skor tertinggi adalah di ujian final pada 25 Oktober 2020. Proporsi skor ujian final sebesar 60 persen.

Pada kondisi terdapat skor yang sama, yang akan menjadi kriteria siapa peserta terbaik akan ditentukan lewat kecepatan waktu dalam menyelesaikan soal ujian

Peserta akan mengklik sudah baca dan paham ketentuan dalam lomba dan tunduk dengan keputusan yang dikeluarkan oleh panitia. Keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat.

“Quiz dan Ujian Final akan diselenggarakan di platform latihan.id,” tandas Tegar.

Lomba yang baru pertama dilakukan ini menargetkan 10 ribu peserta dan mencari 33 pemenang.

Pemimpin Redaksi Majalah Mata Air, Astri Kartini mengatakan, pihaknya menyelenggarakan lomba sebagai upaya menumbuhkan minat maca dan bangkitnya budaya literasi masyarakat Indonesia. Seperti diketahui, minat membaca di kalangan masyarakat Indonesia masih rendah.

Mata Air sendiri terbit setiap 3 bulan dan menjadi wadah bagi para ilmuwan dan cendekiawan dunia dalam menuangkan tulisan-tulisan mereka.

Mata Air mempublikasikan artikel-artikel ilmiah populer yang di dalamnya terdapat kontribusi terhadap kemanusiaan, memberikan pencerahan kepada pembaca dalam bahasa santun yang mengedepankan cinta dan toleransi, mendorong adanya dialog dan keharmonisan dalam masyarakat, serta mendukung adanya perdamaian dan terwujudnya aplikasi terhadap nilai-nilai universal di dunia.

Mata Air membahas berbagai tema kehidupan yang disajikan secara menarik, tuntas, menggunakan bahasa bertutur yang fasih, dan beretika.

“Majalah ini diketengahkan menjadi sumber bacaan positif yang jernih agar mampu menjadi salah satu unsur pendidikan dan perbaikan moral generasi, serta dipandang penting karena mengajak penikmatnya menyadari hubungan antara materi dan esensi yang pada akhirnya akan bermuara kepada Sang Pencipta,”yakin Astri.

Sampai Minggu (22/8) panitia mencatat sudah ada hampir 2 ribu peserta yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia Peserta saat ini tercatat berasal dari 30 Provinsi dimana 49 persen diantaranya adalah mahasiswa.

Info terbaru mengenai lomba Semua Membaca Kehidupan Rasulullah dapat diperoleh di
www.majalahmataair.com.(J02)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2