Komponen-komponen Penentu Konsep Green Marketing

  • Bagikan
Komponen-komponen Penentu Konsep Green Marketing

KESADARAN orang-orang dalam menanggapi isu global warming nampaknya kian meningkat di era saat ini. Banyak cara yang dilakukan untuk dapat mencegah efek dari pemanasan global dan perubahan iklim lebih lanjut.

Salah satunya adalah dengan membeli produk-produk kebutuhan sehari-hari yang lebih ramah lingkungan. Oleh sebab itu, penerapan green marketing oleh berbagai perusahaan kini semakin marak. Fenomena sosial ini yang membuat green branding menjadi nilai

tambah bagi suatu perusahaan dalam meningkatkan daya saing sekaligus memproduksi barang-barang yang ramah lingkungan (eco-friendly).

Tujuan pemasaran hijau merujuk pada kepuasan, kebutuhan, keinginan, dan hasrat konsumen dalam hubungan dengan pemeliharaan dan pelestarian lingkungan hidup, sehingga green marketing menjadi sebuah kebutuhan dalam dunia bisnis saat ini.

Kondisi tersebut dapat dilihat dari perusahaan yang semakin berlomba-lomba untuk memenuhi keinginan konsumen terhadap produk-produk yang ramah lingkungan. Berbagai perusahaan secara perlahan mengadopsi kegiatan green marketing dalam proyek-proyek mereka sebagai bagian dari kesadaran sosial.

Mereka dituntut untuk mencapai konsumen dengan pesan-pesan green marketing.

Green marketing juga mampu memengaruhi perasaan emosi serta rencana konsumen yang

berdampak pada minat beli.

Bermunculannya produk-produk berlabel go green memiliki tujuan untuk menyampaikan bahwa ketika konsumen mengkonsumsinya maka akan ada nilai lebih serta benefit selain terpuaskan dan perasaan bahwa konsumen tersebut telah ikut berkontribusi untuk menjaga lingkungan. Oleh karena itu, konsep green branding hadir untuk mengacu pada pemenuhan kebutuhan konsumen dengan usaha meminimalisir dampak kerusakan terhadap lingkungan.

Komponen dari green marketing meliputi Eco-label, Eco-brand, dan Environmental

Advertisement. Ketiga komponen tersebut merupakan alat green branding yang dapat membuat

persepsi lebih mudah dan meningkatkan kesadaran akan fitur dan aspek produk yang eco-friendly.

Penerapan komponen-komponen green marketing tersebut menjadi peran penting untuk

mengalihkan perilaku konsumen membeli produk yang ramah lingkungan demi mengurangi

efek samping dari proses produksi terhadap lingkungan.

Dalam best practice perusahaan, ada dua komponen yang menjadi faktor penentu perusahaan dalam penerapan green marketing yang pertama yaitu komponen internal yang terdiri atas Environmental Advertisement, Green Product Features, Green Product Price, Green Product Promotion & Advertising.

Kemudian yang kedua yaitu komponen eksternal yang terdiri atas Paying Customer, Providers, Politicians, Pressure Group, Problems, Prediction, & Partners.*Penulis Dr Endang Sulistya Rini SE MSi (Dosen S2 Ilmu Manajemen USU) dan Jauhari SE (Mahasiswa S2 Ilmu Manajemen USU)


Update berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran favoritmu akses berita Waspada.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaZRiiz4dTnSv70oWu3Z dan Google News Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp dan Google News ya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *