Waspada
Waspada » Kihajar Stem Advance, Upaya Kemendikbud Perkuat Penguasaan TI Di Kalangan Pelajar
Pendidikan

Kihajar Stem Advance, Upaya Kemendikbud Perkuat Penguasaan TI Di Kalangan Pelajar

JAKARTA (Waspada): Penguasaan teknologi informasi pada generasi muda perlu terus ditingkatkan. Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar Kihajar Stem Advanced.

“Program ini merupakan kelanjutan dari tahap pelaksanaan Kihajar Stem bagi seluruh jenjang pendidikan melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi berbasis Sciences, Technology, Engineering, and Mathematics,” kata Plt. Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemendikbud, Hasan Chabibie di Depok, Minggu (6/9).

Di tengah pandemi Covid 19, pelaksanaan Kihajar Stem digelar dalam jaringan (daring), sekaligus merupakan wujud transformasi dalam rangka mengikuti perkembangan teknologi digital saat ini.

“Melalui pendekatan materi Sciences, Technology, Engineering, Mathematics merupakan wujud peningkatan daya saing Gen Kihajar di tingkat global, meningkatkan literasi teknologi dan literasi digital,” imbuh Hasan.

Gen Kihajar yang berhak mengikuti tahap ini adalah yang telah melewati verifikasi tahap kedua dari pelaksanaaan Kihajar Stem Intermediate yang telah dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus 2020 lalu.

“Teknis pelaksanaan, materi soal dan prinsip penilaian pada pelaksanaan Kihajar Stem Advanced didesain khusus menuju implementasi wujud dari Pelajar Pancasila,” imbuhnya.

Kihajar Stem Advanced diikuti sebanyak 3.940 peserta didik dari seluruh jenjang pendidikan, dengan rincian untuk jenjang SD/MI sebanyak 1980 siswa, SMP/MTS 1209 siswa, SMA/MA 641 siswa dan SMK/MAK sebanyak 110 siswa. Para peserta berasal dari seluruh wilayah Indonesia dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN).

Tujuan pelaksanaan Kihajar Stem Advanced adalah juga sebagai seleksi tahap ketiga dalam rangkaian pelaksanaan Kihajar Stem, dengan ketentuan nilai batas ambang kelulusan berada pada akurasi 80 persen.

“Hal ini dilakukan karena Kihajar Stem ingin mendapatkan peserta terbaik dari yang terbaik untuk melangkah tahap selanjutnya,”lanjut Hasan Chabibie.

Gen Kihajar akan mengerjakan soal sebanyak 20 soal dengan materi yang terdiri dari Sciences, Technology, Engineering dan Mathematics.

Gen Kihajar menggunakan aplikasi QUIZIZZ untuk mengerjakan soal ini dengan durasi waktu selama 90 Menit. Setiap soalnya memiliki durasi waktu pengerjaan yang berbeda-beda satu dengan yang lain, tergantung dari tingkat kesulitan soal.(J02)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2