Ketua MPR RI Bambang Soesatyo: UT Mampu Tingkatkan Akses Pendidikan Tinggi - Waspada

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo: UT Mampu Tingkatkan Akses Pendidikan Tinggi

  • Bagikan
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memberikan pidato lewat video konferensi di Wisuda UT, Selasa (24/11) di Tangerang Selatan. (J02)

TANGERANG SELATAN (Waspada):Universitas Terbuka (UT) dinilai sebagai kampus yang sangat relevan dalam meningkatkan pemerataan kualitas manusia lewat pendidikan. Daya jangkau UT dan pengalaman menembus berbagai macam kesenjangan akses pendidikan di pelosok Nusantara, adalah aset mencapai kemajuan bangsa.

Hal itu ditegaskan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo dalam pidatonya pada Wisuda UT Periode I tahun akademik 2020/2021, di Kampus Pusat UT, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Selasa (24/11).

Bambang mengatakan, setiap tahun ada 3,7 juta lulusan SMU di Indonesia. Dari jumlah itu, ada sedikitnya 1,8 juta yang tidak meneruskan kuliah. Data terbaru dari Badan Pusat Statistik (BPS) itu dapat dijadikan acuan untuk meningkatkan akses pendidikan tinggi, salah satunya lewat UT.

“Saya yakin, UT akan terus bekerja maksimal untuk menjangkau anak bangsa di daerah yang sulit terjangkau,” tandasnya.

Wisuda UT di tengah pandemi ini diikuti sebanyak 932 mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia.

Para wisudawan yang mengikuti wisuda daring İni terdiri dari lulusan Fakültas Hukum, limu Sosial dan limu Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Keguruan dan limu Pendidikan (FKIP), Fakültas Ekonomi (FE), serta lulusan Program Magister.

“Diantara 932 wisudawan tersebut terdapat 12 orang wisudawan yang berasal dari luar negeri yakni dari Malaysia, Singapura, Arab Saudi, Jepang, Belgia, Kanada, Prancis, dan Inggris,”ujar Rektor UT, Prof Ojat Darojat.

Para wisudawan mengikuti acara wisuda ini melalui aplikasi zoom bagi mahasiswa yang berada di rumah. Sedangkan perwakilan lulusan terbaik masing-masing sebanyak 5 mahasiswa mengikuti acara wisuda yang tersebar di 39 Kantor Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) UT se-lndonesia melalui fasilitas Video Conference (Vicon). Sementara prosesi wisuda yang dihadiri oleh Senat Universitas berlangsung di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) dengan tetap mengggunakan protokol kesehatan.

Wisudawan terbaik dalam wisuda kali ini untuk program Magister adalah Robert Harry Soesanto, mahasiwa Program Studi Magister Pendidikan Matematika dari UPBJJ-UT Jakarta dengan indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 4.00 (Predikat Kelulusan Dengan Pujian).

Sedangkan untuk Program S1, lulusan terbaik sebanyak 4 orang yaitu Nyoman Mira Yantini, I Kade Dwi Sumiantara, Bahariah, dan Hairwan. Dua orang yang disebut pertama adalah mahasiswa Prodi Manajemen dari UPBJJUT Denpasar. Sementara dua sisanya adalah mahasiswa Prodi Manajemen dari UPBJJ-UT Majene. Mereka lulus dengan indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 4.00 (Predikat Kelulusan Dengan Pujian).(J02)

  • Bagikan