Waspada
Waspada » Kemendikbud Siap Luncurkan Aplikasi Kedaireka
Pendidikan

Kemendikbud Siap Luncurkan Aplikasi Kedaireka

JAKARTA (Waspada): Guna mendukung program Merdeka Belajar Episode 6 tentang transformasi dana pemerintah untuk pendidikan tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan aplikasi kedaireka.id. Rencananya, peresmian kedaireka dilakukan pertengahan Desember mendatang.

Kedaireka.id sangat lengkap memuat kolaborasi industri dan inovator perguruan tinggi.

“Kedaireka menjadi semangat baru bagi perguruan tinggi dan dunia industri untuk bertransformasi dan membangun solusi bagi negeri” ucap Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI, Paristiyanti Nurwardani kepada media, Selasa (10/11).

Sebagaimana diketahui, Kemendikbud meluncurkan Merdeka Belajar Episode ke-6 pada 3 November 2020. Dari program itu diciptakanlah platform kedaireka sebagai salah satu pendukung skema pendanaan matching fund. Seluruh perguruan tinggi baik negeri maupun swasta dapat ambil bagian dalam skema matching fund ini, dengan total anggaran mencapai Rp250 miliar.

Ditambahkan Paris, tujuan matching fund adalah membangun ekosistem Kampus Merdeka sebagai upaya untuk menyelesaikan berbagai isu sosial masyarakat, tantangan industri, dan masalah perguruan tinggi melalui kemitraan perguruan tinggi dengan dunia usaha dan industri.

“Kedaireka merupakan sebuah platform resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan untuk membangun kemitraan antara Perguruan Tinggi dan Dunia Usaha/Industri sebelum mengajukan hibah matching fund bersama-sama,” jelas Paris.

Pada kesempatan tersebut,
Ade Kadarisman dari Tim Kerja Akselerasi Reka Cipta Ditjen Dikti menambahkan, kedaireka menjadi bagian dari sinergi penta-helix yang menghasilkan tujuan yang saling berkesinambungan.

Ade memaparkan bahwa dengan membawa industri ke kampus, perguruan tinggi dapat mempersiapkan SDM yang relevan dengan kebutuhan dunia industri dan sebaliknya, dunia industri juga dapat mengoptimalkan SDM serta reka cipta yang dihasilkan kampus untuk dimanfaatkan oleh industri.

Selain akademisi, pemerintah, dunia bisnis dan komunitas profesi, kerja sama erat juga terus dijalin dengan media massa. Media merupakan bagian dari elemen penta-helix yang memiliki peran besar serta harus terlibat menjadi satu kesatuan dalam ekosistem reka cipta Indonesia yang tercermin melalui platform Kedaireka.

“Kami sangat berharap teman-teman media dapat mempublikasikan kepada khalayak, agar semakin banyak masyarakat khususnya pereka cipta dan industri yang berpartisipasi dalam grand launching kedaireka nanti,” pungkasnya.(J02)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2