Kemendikbud Dan LPDP Gelontorkan Rp25,5 M Untuk Danai Riset Kampus Vokasi - Waspada

Kemendikbud Dan LPDP Gelontorkan Rp25,5 M Untuk Danai Riset Kampus Vokasi

  • Bagikan
Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Wikan Sakarinto.

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi bersama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) meluncurkan Program Riset Keilmuan Terapan Dalam Negeri – Dosen Perguruan Tinggi Vokasi Tahun 2021.

Program ini bersifat kompetitif yang berbasis pada demand driven dan problem solving dengan tujuan meningkatkan ekosistem riset serta menjawab permasalahan di sektor ekonomi dan sosial, baik di industri maupun di masyarakat,” ujar Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Diksi) Kemendikbudristek, Wikan Sakarinto, dalam jumpa media secara daring, Rabu (23/6).

Hadir juga dalam kesempatan itu, Direktur Riset LPDP, Wisnu Soenarso.

Dana riset sebesar Rp25,5 miliar diperuntukkan untuk penelitian yang berbasis hasil atau minimal protitipe. Karenanya, dana ini diperuntukkan bagi riset di perguruan tinggi vokasi yang sudah menjalin kerja sama dengan industri atau pemangku kebijakan.

“Riset oleh dosen dapat mengikutsertakan mahasiswa semester akhir atau mahasiswa yang terlibat dalam kuliah berbasis proyek,” kata Wikan.

Usulan dana riset dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Besarannya bisa bervariasi, bahkan sampai Rp500 juta.

Beberapa bidang riset yang diutamakan diantaranya konstruksi, priwisata, pertanian, industri kreatif, kesehatan, manufaktur, maritim, energi baru dan terbarukan, sosial humaniora dan agroindustri.

Sebelumnya, Kemendikbudristek telah meluncurkan Merdeka Belajar episode 11 yang memberi peluang pengembangan pendidikan tinggi vokasi. Selain dana riset terapan bagi dosen, sebelumnya telah diluncurkan juga skema transformasi pembiayaan yang didalamnya ada dana matching fund sebesar Rp180 miliar. Matching fund juga pembiayaan berbasis kerja sama pusat riset pendidikan tinggi dengan industri. (J02)

  • Bagikan