Waspada
Waspada » Kemendagri Dukung Penuh Program Sekolah Penggerak
Pendidikan

Kemendagri Dukung Penuh Program Sekolah Penggerak

JAKARTA (Waspada): Program Sekolah Penggerak yang diresmikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim mendapat dukungan sepenuhnya dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

Dalam acara peluncuran Program Sekolah Penggerak, Senin (1/2), Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Sekjen Kemendagri), Muhammad Hudori menyerukan 5 hal penting yang segera dilakukan  pemimpin di daerah untuk mendukung episode ke-7 dari Merdeka Belajar itu.

Pertama, Pemda segera memahami konsep program Sekolah Penggerak secara menyeluruh.

Kedua,  membuat kebijakan daerah sebagai tindak lanjut untuk mendukung program Sekolah Penggerak berpedoman pada norma, standar, prosedur, dan kriteria (NSPK) yang ditetapkan Kemendikbud.

Ketiga,  dinas terkait segera memetakan kebutuhan untuk mendukung pelaksanaan program Sekolah Penggerak.

Keempat, pemimpin di daerah tidak merotasi kepala sekolah, guru, dan SDM lainnya selama minimal empat tahun (khusus untuk sekolah negeri) di Sekolah Penggerak.

“Ini perlu kolaborasi, pembinaan dan pengawasan di tingkat pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten/kota,”ujar Muhammad Hudori.

Program Sekolah Penggerak akan diikuti 2.500 sekolah di 111 kabupaten/kota  di 34 provinsi. Satuan pendidikan yang terlibat nantinya mulai dari tingkat PAUD sampai SMU/SMK/SLB.

Sekolah penggerak akan berujung pada peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah. Program akan berjalan selama 3 tahun  dan akan menitikberatkan pada sekolah yang masih sangat membutuhkan penataan untuk menjadi sekolah yang aman, nyaman dan menyenangkan. Tujuan akhirnya adalah terciptanya pelajar pancasila yang punya semangat kreatif, berakhlak mulia dan senang berkolaborasi. (J02)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2