Waspada
Waspada » Kedaireka Diluncurkan Bareng Harbolnas, Siap Cetak Rekor Muri
Pendidikan

Kedaireka Diluncurkan Bareng Harbolnas, Siap Cetak Rekor Muri

JAKARTA (Waspada): Aneka reka cipta telah banyak dihasilkan lewat riset-riset perguruan tinggi. Namun demikian, tidak banyak yang sampai masuk industri dan diproduksi secara luas ke masyarakat.

Padahal, hasil inovasi yang lahir dari hasil riset dunia pendidikan senantiasa diharapkan menjadi salah satu tumpuan kemajuan ekonomi nasional.

Untuk mempertemukan inovasi dan dunia industri ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan segera meluncurkan secara resmi platform kedaireka.id. Di sinilah, insan pendidikan tinggi dan industri bertemu secara online, menyatukan kebutuhan dan hasil karya yang kemudian dapat berlanjut pada kerja sama yang nyata.

Platform kedaireka adalah bagian dari skema pendanaan matching fund pada acara Merdeka Belajar episode ke-6, pada pekan lalu. Tujuannya adalah membangun ekosistem Kampus Merdeka sebagai upaya untuk menyelesaikan berbagai isu sosial masyarakat, tantangan industri, dan masalah perguruan tinggi melalui kemitraan perguruan tinggi dengan dunia usaha dan industri.

“Dengan adanya platform kedaireka serta dukungan pendanaan pemerintah, akan berdampak pada meningkatnya akselerasi kerjasama industri dan dunia kampus serta pemulihan ekonomi nasional pasca Covid-19,” ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Paristiyanti Nurwandani, Rabu (11/11).

Selama pandemi, misalnya, inovasi yang dihasilkan tidak kurang dari 1.100 jenis. Sebagian besar adalah inovasi di bidang kesehatan. Momentum inilah yang akan terus dijadikan batu loncatan, agar inovasi yang hadir di tengah masyarakat lewat riset dan industri berkesinambungan.

Kedaireka dijadwalkan meluncur secara resmi ke masyarakat pada 12 Desember 2020, bersamaan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Pada hari itu pula, akan dicetak rekor muri untuk peserta webinar terbanyak.

“Rencananya pada 12 Desember itu juga akan digelar webinar dengan target peserta sampai 75 ribu orang. Peristiwa itu akan dicatat dalam Museum Rekor Indonesia atau Muri dunia sebagai webinar dengan peserta terbanyak di dunia,” kata Paris.

Ade Kadarisman selaku Tim Kerja Akselerasi Reka Cipta Ditjen Dikti menambahkan, kedaireka adalah salah satu wujud sinergi penta-helix yang dapat menghasilkan tujuan yang saling berkesinambungan dalam membangun ekostem kampus merdeka.

“Dengan membawa industri ke kampus, perguruan tinggi dapat mempersiapkan SDM yang relevan dengan kebutuhan dunia industri. Sebaliknya, dunia industri juga dapat mengoptimalkan SDM serta reka cipta yang dihasilkan kampus untuk dimanfaatkan oleh industri,” tandas Ade. (J02)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2