Honda Terus Pacu Kompetensi Guru SMK Sumut - Waspada

Honda Terus Pacu Kompetensi Guru SMK Sumut

  • Bagikan
SELEKSI ketat menghadirkan keseruan pada pelaksanaan Final Kontes Kreativitas Mengajar Guru SMK TBSM Astra Honda yang berlangsung secara daring. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara bersama PT Astra Honda Motor menyeleksi 48 tenaga pengajar unggul dan kreatif dari 48 SMK TBSM Astra Honda di wilayah Sumut dalam gelaran Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2021 pada pertengahan hingga akhir Juni 2021.

Seleksi yang ketat menghadirkan keseruan pada pelaksanaan Final Kontes Kreativitas Mengajar Guru SMK TBSM Astra Honda yang berlangsung secara daring pada 22-23 Juli 2021. Diikuti oleh lima tenaga pengajar terpilih, Elmo Simamora guru dari SMK Negeri 2 Medan berhasil terpilih sebagai guru terbaik dan berkesempatan mewakili Sumut untuk maju ke kontes SMK tingkat nasional yang juga akan dilakukan secara daring pada bulan Agustus.

Posisi kedua berhasil diraih oleh Harris Zuhud, tenaga pengajar yang berasal dari SMK Swasta Mandiri dan posisi ketiga diraih M Raja Sanubari Harahap yang berasal dari SMK PAB 1 Helvetia.

Antusias luar biasa juga turut ditampilkan dua tenaga pengajar lainnya yang ikut berkompetisi, mereka dalah Fadli Hazmi Arifin, ST dari SMK Muhammadiyah 9 Medan, dan Muhammad Zulham dari SMKN 1 Stabat.

Seleksi Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online sendiri merupakan salah satu upaya meneruskan komitmen Honda untuk memastikan kualitas guru yang mumpuni agar semakin adaptif dan kreatif dalam memberikan materi ajar melalui proses pembelajaran jarak jauh yang sedang diterapkan saat ini.

Dimana para guru ditantang untuk menyajikan materi yang menarik, ringkas, dan mudah dipahami siswa dalam proses belajar mengajar yang tidak melibatkan interaksi fisik secara langsung. Gestur, intonasi, dan pemilihan bahasa mengajar yang jelas, lugas, juga menjadi tantangan besar.

Selama berkompetisi, poin penilaian yang diberikan pada para guru meliputi penguasaan materi yang disajikan, kemampuan mengintergasikan berbagai sumber mengajar, pemanfaatan waktu yang baik selama proses belajar mengajar, dan teknik mengajar yang mudah untuk dipahami.

Feri Panji, Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy yang bertindak sebagai salah satu juri pada kompetisi ini mengungkapkan kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online merupakan salah satu upaya Honda menjaga Komitmen untuk tetap berkontribusi dalam pengembangan dunia Vokasi pada masa Pandemi Covid 19 dengan fokus ke pembelajaran online.

Pihaknya juga berharap kompetisi ini mewujudkan standar kompetensi guru yang mumpuni sebagai modal utama mencetak siswa-siswi SMK berkualitas di bidang otomotif roda dua walaupun dengan metode daring.

Leo Wijaya, Vice Presdir PT Indako Trading Coy berharap penguatan kompetensi guru yang terus Honda lakukan mampu meningkatkan kualitas pendidikan vokasi di wilayah Sumatera Utara dan melahirkan para generasi milenial yang cerdas, berani menjawab tantangan, dan profesional dalam bidang otomotif roda dua. (adv)

  • Bagikan