Waspada
Waspada » FKM USU Bentuk Kelompok Siswa Peduli Gizi Di SD Az-Zakiyah Islamic School
Pendidikan

FKM USU Bentuk Kelompok Siswa Peduli Gizi Di SD Az-Zakiyah Islamic School

Tim Dosen dari Fakultas Kesehatan Masyarakat USU memberikan pelatihan tentang mengkonsumsi dan peduli gizi kepada siswa SD Az-Zakiyah Islamic School. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Tim Dosen dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara (FKM USU) memberikan pelatihan kepada anak-anak untuk peduli dan mengkonsumsi makan bergizi setiap hari.
Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan membentuk kelompok anak peduli gizi di SD Az- Zakiyah Islamic School Jl. Meteorologi IV, Indra Kasih, Kecamatan Medan Tembung. Kota Medan.

Ketua tim Ernawati Nasution, SKM, M.Kes, didampingi para anggota : Ir. Etti Sudaryati,MKM, Ph.D, dan Fitri Ardiani, SKM, MPH. mengatakan kegiatan ini didukung sepenuhuhnya oleh Lembaga Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Sumatera Utara dengan tujuan memberikan pemahaman kepada anak sekolah tentang makanansehat bergizi dan seimbang, serta keterampilan pengukuran antropometri (berat badan dan tinggi badan).

Sehingga nantinya anak-anak ini akan menjadi agent dan dapat mengimbaskan perilaku makan yang baik kepada teman-temannya di sekolah khususnya dan di lingkungan sekitar rumah mereka umumnya sebagai upaya meningkatkan status gizi pada anak usia sekolah.

Ernawati Nasution menjelaskan kegiatan diawali pretes pemberian kuesioner tentang pengetahuan anak dalam hal makanan seimbang dan bergizi. Setelah pretest, dilanjutkan pemberian materi tentang makanan sehat bergizi dan seimbang.

Selanjutnya dilakukan dilakukan tanya jawab dan praktek penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan dan pengenalan terhadap bahan-bahan makanan yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral) dengan menggunakan food model.

“Sebelum pelatihan ditutup dilakukan post-test terhadap pengetahuan anak dan dilanjutkan dengan pemberian selempang bertuliskan “Anak Peduli Gizi” sebagai tanda mereka adalah duta anak peduli gizi yang nantinya dapat mengimbaskan apa yang telah mereka ketahui dan menyebarluaskan informasi tentang makanan sehat, bergizi, dan seimbang serta pentingnya pemantauan status gizi kepada teman-temannya yang lain,” ucapnya.

Kegiatan ini juga dihadiri kepala sekolah beserta para guru. Pihak sekolah menyambut baik kegiatan ini. Bahkan bagi siswa yang tidak diizinkan orangtuanya untuk ikut dalam kegiatan ini dapat melihat dan mengikuti proses pelatihan ini melalui link zoom yang dibuat guru yang hadir. Sehingga anak-anak yang tidak bisa hadir di sekolah tetap mendapat informasi yang sama dengan teman-teman mereka yang hadir di sekolah.

Pihak sekolah berterimakasih khususnya kepada Tim Pengabdian Masyarakat dari Fakultas Kesehatan Masyarakat USU ini dan juga kepada pihak Universitas Sumatera Utara. Harapan ke depannya kegiatan ini dapat menjadi program kerjasama yang berkelanjutan dengan kegiatan lain. (h02)

 

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2