Waspada
Waspada » Eduversal Kembali Gelar Kompetisi Matematika, Daftar Mulai Sekarang
Pendidikan

Eduversal Kembali Gelar Kompetisi Matematika, Daftar Mulai Sekarang

JAKARTA (Waspada): Kompetisi matematika tingkat nasional, Eduversal  Mathematics Competition (EMC) kembali digelar. Pendaftaran EMC sudah dapat diakses di situs http://edumath.id/ mulai 18 Agustus sampai 10 November 2020.

Gelaran EMC sendiri akan berlangsung pada 14 November 2020 dan pemenangnya akan diumumkan pada 21 November 2020. Sedangkan pemberian penghargaan untuk para pemenang akan dilaksanakan pada bulan Februari 2021

“EMC merupakan ajang
kompetisi matematika online nasional yang diselenggarakan oleh Eduversal setiap tahun, yang dirancang untuk menarik minat para siswa terhadap mata pelajaran matematika dengan sistem kompetisi online,” kata Direktur Eduversal, Dwi Prajitno Wibowo dalam temu media secara daring, Selasa (18/8).

EMC dihadirkan sebagai langkah awal untuk meningkatkan literasi anak Indonesia terhadap matematika. Pasalnya, matematika selama ini masih dianggap sebagai salah satu mata pelajaran yang menyulitkan dan seringkali menjadi momok.

Karena itu untuk soal-soal EMC ditekankan lebih kepada pendalaman materi dasar di setiap tingkatan kelas. Tingkat kesulitannya dibagi menjadi tiga yaitu mudah, sedang dan sulit.

“Tujuannya mengukur tingkat adaptasi siswa terhadap soal,”imbuh Ketua Tim Pembuatan Soal, Surya Saputra.

Tahun lalu penyelenggaraan EMC yang pertama berhasil dengan jumlah pendaftar mencapai lebih dari 3.200 siswa dari seluruh Indonesia.

Adapun peserta yang menjadi juara berjumlah 28 siswa dari setiap kategori (kelas 5-11) dengan total hadiah yang dilombakan mencapai 129 juta rupiah.

Selain itu, sistem babak penyisihan (offline) untuk tahun ini ditiadakan karena pandemi
Covid-19. Sebagai gantinya peserta akan berkompetisi langsung secara online dalam satu babak.

“Hal ini dilakukan karena memang mencegah penularan Covid-19” ujar Koordinator Projek, Ade Kiki Ruswandi.

Diharapkan bahwa dengan adanya kemudahan mengerjakan soal-soal secara online, Try-Out, analisis kemampuan siswa, webinar pendidikan, penghargaan yang tersedia dalam setiap tahap, dan
e-sertifikat menjadi daya tarik tersendiri bagi para peserta.

Dalam kesempatan temu media daring itu hadir juga M. Nuha Alghifari yang menjadi juara 3 EMC tahun lalu untuk Kelas 7. Siswa MTsN 1 Kota Blitar ini mengaku bangga bisa mengikuti dan menjadi juara EMC tahun lalu.

Ada juga Gabriella Nosa Karsono, juara 1 untuk kelas 5 dari SD Pangudi Luhur I Surakarta. Dia mengaku senang dan sangat menyukai pelajaran matematika yang mengasah kemampuan berpikir dengan lebih baik.

Hadir juga Kepala Sekolah SD Pangudi Luhur 1, Surakarta, Marsono Adi. (J02)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2