Waspada
Waspada » Dukung Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka, SEAQIL Terus Perkuat Jejaring
Pendidikan

Dukung Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka, SEAQIL Terus Perkuat Jejaring

JAKARTA (Waspada): Southeast Asian Ministers of Education Organization, Quality Improvement of Teachers and Education Personnel (SEAMEO QITEP) in Language (SEAQIL) bersama Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Pendidikan Indonesia (FPBS UPI) menandatangani perjanjian kerja sama dalam rangka mendukung Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM).

SEAQIL adalah pusat peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan di bawah organisasi regional antarpemerintah negara-negara Asia Tenggara, di mana Indonesia merupakan salah satu pendirinya.

Kegiatan ini juga ditujukan untuk membangun jejaring dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

“Kerja sama ini sangat penting khususnya dalam penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Tapi juga bermanfaat untuk pengembangan program lain yang terkait peningkatan kualitas pendidikan, kecakapan profesional, pengembangan diri, kepemimpinan, dan pendidikan bahasa-sastra-seni-budaya,” ujar Dekan FPBS UPI, Tri Indri Hardini dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (9/2).

Tri juga mengungkapkan kegembiraannya karena program Klub Literasi Sekolah (KLS) yang digagas SEAQIL telah membuka kesempatan bagi mahasiswa-mahasiswa FPBS untuk pengembangan diri melalui magang.

Senada dengan itu, Direktur SEAQIL, Luh Anik Mayani mengatakan, bahwa lewat kerja sama ini, SEAQIL dan FPBS UPI dapat mengembangkan program dan kegiatan yang membangun dengan memanfaatkan potensi dan kemampuan sumber daya yang dimiliki masing-masing lembaga.

“Kerja sama ini juga membuka peluang bagi mahasiswa FPBS UPI untuk bergabung dalam program magang mahasiswa sebagai pendamping KLS. KLS mensinergikan beberapa tujuan yaitu meningkatkan budaya literasi, mendukung kebijakan MBKM, meningkatkan kemampuan 4C abad ke-21 (Critical thinking, Creativity, Collaboration, Communication), meningkatkan kemampuan berbahasa asing, dan membangun jejaring kerja sama,” tambah Anik.

Penandatanganan kerja sama dilakukan Direktur SEAQIL, Luh Anik Mayani dan Dekan FPBS UPI, Tri Indri Hardini dan disaksikan oleh para ketua departemen/program studi, sekretaris jurusan dan kepala seksi yang ada di FPBS UPI. Acara ini juga disiarkan secara daring oleh seluruh jajaran pejabat dan staf di lingkungan SEAQIL.(J02)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2