DUDI Awards, Apresiasi Peran Industri Bagi Pendidikan Vokasi - Waspada

DUDI Awards, Apresiasi Peran Industri Bagi Pendidikan Vokasi

  • Bagikan

JAKARTA (Waspada): Guna mengapresiasi Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) yang selama ini telah berkontribusi terhadap kemajuan pendidikan vokasi di Tanah Air, Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek menggelar DUDI Awards 2021.

Rangkaian kegiatan DUDI Awards 2021 ini dimulai dari sosialisasi program pada tanggal 15 November 2021 hingga penyelenggaraan malam puncak anugerah pada 15 Desember 2021 mendatang.

Apresiasi yang diberikan oleh satuan pendidikan vokasi kepada pihak DUDI dibagi menjadi 9 kategori. Kategorinya meliputi kontribusi DUDI bidang akademik; kontribusi DUDI bidang pembiayaan atau CSR;kontribusi DUDI Bidang penelitian; kontribusi DUDI bidang pemagangan; kontribusi DUDI bidang penyerapan lulusan; kontribusi DUDI bidang fasilitasi teaching factory; kontribusi DUDI bidang penguatan kewirausahaan; kontribusi asosiasi DUDI, dan kontribusi instansi pemerintah.

Pada DUDI Awards tahun ini setiap satuan pendidikan vokasi, baik SMK, perguruan tinggi vokasi, hingga lembaga kursus dan pelatihan (LKP) dapat berpartisipasi mengajukan DUDI terbaik untuk menjadi calon nominasi DUDI Awards 2021. Periode pengajuan nominasi DUDI terbaik dimulai pada tanggal 16 hingga 30 November 2021 melalui tautan https://tinyurl.com/NOMINASIDUDI.

Setelah itu, panitia akan melakukan proses validasi isian data dan berkas pada tanggal 1 hingga 10 Desember 2021. Pemenang masing-masing kategori akan diumumkan pada Malam Puncak Anugerah DUDI Awards 2021 yang akan dilaksanakan pada 15 Desember mendatang.

“DUDI Awards ini idenya karena dengan kemitraan yang selama ini sudah terjalin antara industri dengan satuan pendidikan vokasi, kami ingin memberikan apresiasi yang formal dan masiv untuk industri yang sudah link and match dengan satuan pendidikan vokasi,” ucap Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Wikan Sakarinto dalam Webinar, Selasa (23/11/2021).

Vokasi sendiri dikenal sebagai program pendidikan yang bertujuan untuk menyiapkan tenaga yang ahli dan terampil di bidangnya. Maka dari itu, pendidikan vokasi memiliki posisi yang strategis sebagai tulang punggung untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kompetensi, produktivitas dan daya saing.

Ciri khas dari pendidikan vokasi yakni kedekatan dengan DUDI melalui kemitraan, baik pada proses pembelajaran, pengembangan, penguatan SDM, hingga perekrutan lulusan vokasi.

Wikan menyebut, link and match akan mendorong kemitraan yang sifatnya tidak hanya menguntungkan pihak pendidikan vokasi, tetapi justru juga memberikan keuntungan bagi industri (mutual benefit). Maka dari itu, penyelenggaraan DUDI Awards 2021 bertujuan untuk menstimulasi agar semakin banyak industri baru yang ingin bekerja sama dengan satuan pendidikan vokasi.

“Tidak hanya itu DUDI Awards 2021 juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas kemitraan dan menjaga keberlanjutan kontribusi DUDI kepada pendidikan vokasi yang sudah terjalin,” imbuhnya.

Di sisi lain, DUDI Awards menjadi momentum untuk saling menyadari antara vokasi dengan DUDI bahwa jika sinergi keduanya berjalan, maka timbul proses bisnis yang saling menguntungkan.

Kendati berbentuk pemberian penghargaan, Wakil Direktur Bidang Kerja Sama Usaha Polman Bandung 2016-2020 yang juga sekaligus tim Program DUDI Awards, Otto Purnawarman menegaskan bahwa DUDI Awards ini bukanlah suatu kompetisi. Sebaliknya, ajang ini merupakan sebuah apresiasi dari Pemerintah terhadap DUDI yang telah berdedikasi dalam membangun pendidikan vokasi di Tanah Air.

Sementara itu, pada kesempatan sosialisasi DUDI Awards yang telah dilaksanakan pada 15 November 2021, Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Saryadi Saryadi berharap kegiatan ini didukung oleh seluruh satuan pendidikan vokasi, baik dari SMK, pendidikan tinggi vokasi (PTV), dan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP).

“Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek menjalankan peran sebagai jembatan kemitraan yang saling menguntungkan atau mutual benefit dan berkelanjutan antara satuan pendidikan vokasi dengan DUDI. Oleh karena itu kami dengan tangan terbuka mengajak Bapak dan Ibu sekalian mari bersama-sama kita dukung pengembangan pendidikan vokasi melalui kolaborasi antara DUDI dengan satuan pendidikan vokasi sehingga tujuan penduduk Indonesia yang memiliki yang produktivitas dan daya saing tinggi bisa terwujud,” pungkas Saryadi.(J02)

  • Bagikan