Dosen Polmed Beri Pelatihan Pembukuan Sederhana Usaha Kecil

  • Bagikan
Tim PKM Polmed menyerahkan peralatan mesin jahit membantu peningkatan produksi usaha NYZ Handmade yang dikelola Nurasiah Siregar.Waspada/Ist
Tim PKM Polmed menyerahkan peralatan mesin jahit membantu peningkatan produksi usaha NYZ Handmade yang dikelola Nurasiah Siregar.Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang terdiri dari dosen Politeknik Negeri Medan (Polmed) melaksanakan program PKM di Kel. Tegal Sari III, Kec. Medan Area.

Kegiatan bertujuan untuk mengatasi permasalahan mitra yang bernama Nurasiah Siregar selaku pemilik usaha produktif yaitu usaha NYZ Handmade (Kain Tenun), dalam membantu keluarganya keluar dari kemiskinan dan keterpurukan ekonomi.

Usaha ini telah dilakoninya selama lebih kurang 4 tahun. Sebelum pandemi Covid-19 Nurasiah Siregar ini telah memperkerjakan karyawan dua orang yang semuanya adalah ibu rumah tangga yang tinggal di sekitar usaha NYZ Handmade ini.

Usaha tersebut dapat membantu kedua ibu rumah tangga itu untuk memiliki keterampilan membuat usaha NYZ Handmade, sekaligus meringankan beban ekonomi keluarga mereka.

Guna mendukung usaha Nurasiah Siregar dalam upaya mengentaskan kemiskinan di sekitar kediamannya, Tim PKM terdiri dari Darmawati Simanjuntak SE, MSi, dan Siti Asnida Nofianna SS, MHum, serta Ratna SE, MSi, memberikan solusi bagi permasalahan yang ada pada usaha produktif kreatif ini dengan menawarkan dari aspek produksi adalah pemberian peralatan produksi yaitu mesin jahit yang diharapkan dapat membantu peningkatan produksi usaha NYZ Handmade yang dikelola Nurasiah Siregar.

Selain itu tim PKM Polmed juga melatih mitra membuat laporan keuangan sederhana untuk usaha kecil. Aspek manajemen usaha mencakup jasa, yaitu pendampingan pembuatan laporan keuangan sederhana untuk usaha kecil. Metode yang digunakan dalam program PKM ini adalah dengan mengumpulkan data melalui survei dan wawancara kepada Nurasiah Siregar. (h02)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *