Waspada
Waspada » Dies Natalies ke-21 Fakultas Keperawatan USU
Pendidikan

Dies Natalies ke-21 Fakultas Keperawatan USU

Webinar dalam rangka Die Natalies Fakultas Keperawatan USU.

DIES Natalies merupakan agenda tahunan yang rutin dilaksanakan oleh Fakultas Keperawatan USU dengan tujuan untuk memperingati hari jadi Fakultas Keperawatan USU dan menampilkan eksistensi dan perkembangan yang telah dicapai oleh Fakultas.

Perayaan Dies Natalis Ke-21 tahun 2020 ini berbeda dari tahun sebelumnya karena wabah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga sekarang.

Acara Dies Natalies USU yang ke 21 kemudian tertunda selama beberapa bulan dimana puncak acara diadakan pada hari Rabu, 23 September 2020.

Thema Dies Natalis Ke-21 adalah” Mewujudkan Reformasi Birokrasi Melalui Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi di Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara.

Dies Natalis Ke-21 Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara kali ini memiliki situasi yang khusus karena harus berhadapan dengan situasi Pandemic Covid-19 dan kini memasuki New Normal Life.

Fakultas keperawatan harus melakukan berbagai perubahan dan pengembangan sistem pendidikan dalam situasi ini dengan cerdas dan cermat agar dapat mempertahankan mutu lulusan pendidikan keperawatan dengan kebutuhan unik dan khusus.

Bersamaan dengan hal tersebut juga merupakan tantangan tersendiri bagi Fakultas Keperawatan USU yang terpilih menjadi salah satu fakultas di lingkungan Universitas Sumatera Utara untuk mewujudkan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani di lingkungan Universitas Sumatera Utara.

Banyak tantangan untuk dapat bertahan akan melaksanakan berbagai kegiatan dalam lingkup Tri Dharma Perguruan Tinggi,

Untuk memeriahkan acara Dies Natalis ke-21 Fakultas Keperawatan USU telah dilaksanakan berbagai kegiatan yang melibatkan civitas akademika fakultas keperawatan USU, yaitu: departemen, program studi, tendik, ikatan alumni, mitra kerjasama fakultas keperawatan USU, mahasiswa, dan pihak terkait lainnya.

Agenda kegiatan adalah sebagai berikut:
Kegiatan diawali dengan persiapan panitia Dies Natalis FKep USU 2020
Launching online rangkaian kegiatan Dies Natalis pada tanggal 14 Agustus 2020.

Seminar online dimulai oleh Departemen Keperawatan Anak pada tanggal 15 Agustus 2020 dengan judul seminar, “Manajemen Kesehatan Anak di Masa Pandemi Covid-19”.

Seminar ini menghadirkan enam pembicara dari bidang kedokteran dan keperawatan yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB.

Para pembicara adalah Dr. Fitri Haryanti, S.Kp., MKes (FK UGM), dr. Bugis Mardiana Lubis, Sp. A(K)_(FK USU), Dewi Elizadiani Suza, S.Kp., MNS., PhD (FKEP USU), Nur Asnah Sitohang, SKep., NS., M.Kep., (FKEP USU), Dwi Karina Ariadni, SKep., NS., M.Kep (FKEP USU, dan Ronny Basirun Simatupang, SKep., Ns., M.Si (Han) (Jakarta).

Peserta yang menghadiri seminar sebanyak 181 orang dengan latar belakang perawat dari akademisi hingga mahasiswa keperawatan.

10 September 2020, bagian kemahasiswaan memulai Nursing Scientific Competition 2020 dengan aneka lomba, seperti lomba karya tulis ilmiah, lomba video digital dan lomba video ligat dame, yang merupakan semboyan Fakultas Keperawatan USU, yang artinya Ligat Dalam Melayani.

Kemudian pada tanggal 12 September 2020, dua kegiatan diadakan oleh dua departemen yang berbeda, yakni Departemen Keperawatan Komunitas yang mengadakan seminar online dengan judul “Peran Perawat Komunitas di Era Konseptual Kebiasaan Baru” dan Departemen Keperawatan Dasar dengan judul seminar, “Menjadi Pembelajar yang Ligat Dame”. Seminar ini diikuti oleh 100 peserta online.

Webinar Keperawatan oleh Departemen Keperawatan Dasar dan Medikal Bedah pada tanggal 12 September 2020 dengan topik seminar, “Hadir untuk Berbagi”. Seminar ini menghadirkan 4 narasumber dari departemen.

Webinar (Pelatihan) Kewirausahaan Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara dengan tema “Menjadi Nursepreneur” diselenggarakan pada tanggal 17 September 2020.

Pelatihan ini diikuti oleh mahasiswa fakultas keperawatan USU dengan narasumber dari Universitas Sumatera Utara.

Webinar (Seminar Online) Fakultas Keperawatan USU di Ketuai oleh : Jenny Marlindawany Purba, SKp, MNS, P.hD dengan judul “Penguatan Reformasi Birokrasi untuk Peningkatan Mutu Pendidikan Keperawatan” yang dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Sumatera Utara: Prof. Dr. Runtung Sitepu, SH. M.Hum.

Narasumber pada webinar itu
Dr. Chatarina Muliana Girsang, SH, SE, MH (Inspektur Jenderal Kemendikbud Republik Indonesia).
Prof. drh. Aris Junaidi, Ph.D (Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbud Republik Indonesia).
Prof. Dr. Ir. Bustami Syam, M.S.M.E (Wakil Rektor IV Bidang Informasi, Perencanaan, dan Pengembangan Universitas Sumatera Utara).
Setiawan, S.Kp, MNS, Ph.D (Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara).

Beberapa kegiatan lainnya berkaitan dengan Dies Natalis Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara dalam bulan september adalah :

Webinar Keperawatan oleh Departemen Keperawatan Jiwa pada tanggal 26 September 2020 dengan topik, “Tetap Sehat Jiwa di Era Adaptasi Kebiasaan Baru” menghadirkan 5 pembicara departemen.

Webinar Keperawatan oleh Departemen Keperawatan Komunitas pada tanggal 3 Oktober 2020 dengan topik, “Masyarakat Sehat di Era Adaptasi Kebiasaan Baru”, menghadirkan 5 narasumber dari departemen.

Kegiatan dalam memeriahkan Dies Natalies FKEP USU yang ke 21 ini berjalan sebagaimana yang sudah direncanakan.

Seperti visi Fakultas Keperwatan USU, maka caring is sharing akan terus digalakkan untuk memberikan dampak kehadiran fakultas di tengah tengah masyarakat yang membutuhkan dengan informasi aktual.(rel)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2