Waspada
Waspada » Delapan Mahasiswa Berprestasi Penerima Beasiswa Penuh Dari PT TPL Siap Bekerja
Pendidikan Sumut

Delapan Mahasiswa Berprestasi Penerima Beasiswa Penuh Dari PT TPL Siap Bekerja

PT TPL menggelar acara syukuran sekaligus penyambutan kedelapan penerima beasiswa yang siap bekerja di PT TPL, Rabu (25/11). Waspada/Ist
PT TPL menggelar acara syukuran sekaligus penyambutan kedelapan penerima beasiswa yang siap bekerja di PT TPL, Rabu (25/11). Waspada/Ist

TOBA (Waspada): Delapan Mahasiswa berprestasi penerima bantuan beasiswa penuh dari PT Toba Pulp Lestari, Tbk pada tahun 2017 lalu di Akademi Teknologi Pulp dan Kertas (ATPK) Bandung, kini telah menyelesaikan masa pendidikannya dengan nilai yang memuaskan.

PT TPL secara khusus menggelar acara syukuran sekaligus penyambutan bekerja di PT TPL di Learning and Development Centre PT TPL Tbk, Rabu (25/11).

Kedelapan mahasiswa tersebut sebelumnya merupakan siswa berprestasi dari keluarga kurang mampu yang diseleksi secara ketat sebagai penerima beasiswa.

Pasca menyelesaikan masa sutudinya di ATPK Bandung, kedelapan mahasiswa tersebut akan langsung diterima bekerja di PT TPL, Tbk.

Bantuan beasiswa tersebut merupakan komitmen perusahaan untu berkontribusi di bidang pendidikan.

Awalnya para penerima beasiswa mengikuti seleksi yang ketat melalui prosedur seleksi berkas, ujian tulis, ujian wawancara, dan juga tes kesehatan dengan jumlah pesaing yang mendaftar sejumlah 60 orang dari seluruh Kabupaten Toba.

Sarah Simanjuntak, sebagai salah satu siswa penerima beasiswa yang berasal dari Desa Lumban Sitorus, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba mengaku sangat senang dan bangga menerima beasiswa ini.

Anak ke-empat dari lima bersaudara ini mengatakan bahwa dia dan temannya tidak menyangka akan menerima beasiswa secara penuh dan dibiayai oleh PT TPL.

“Kami dibiayai untuk tiket pesawat ke Bandung, untuk SPP perkuliahan, dan kami juga diberikan uang saku selama kami menjalani perkuliahan,” ucap Sarah.

Imbuh Sarah, dengan adanya beasiswa ini menjadikannya lebih bersemangat lagi untuk belajar dan membuktikan bahwa dirinya dan temannya mampu untuk bersaing dengan para pelajar lainnya di tempat mereka menuntut ilmu.

Sarah merasa beasiswa yang diterima olehnya dan temannya merupakan bukti nyata bahwa PT TPL memang peduli terhadap masyarakat di sekitarnya, khususnya di bidang pendidikan.

“Selain itu, saya sangat bersyukur karena di masa pandemi ini, yang kita tahu sangat susah untuk mendapatkan pekerjaan. Namun dengan adanya beasiswa dari PT TPL, kami dapat langsung bekerja diperusahaan ini,” ujar Sarah dengan bangga.

Tarigan Rumapea, selaku orangtua dari Marisa Rumapea salah satu penerima beasiswa dari PT TPL yang berasal dari Desa Tangga Batu I, Kecamatan Parmaksian mengaku bahwa dirinya sangat terharu akan adanya beasiswa ini.

Akibat keterbatasan ekonomi, Tarigan mengaku hanya menggantungkan hidup dari hasil tani seadanya.

Mustahil baginya mampu menyekolahkan anaknya hingga keperguruan tinggi seperti sekarang ini.

“Putri saya merupakan Alumni Yayasan Bona Pasogit dan beruntung mendapatkan sebuah kesempatan yang sangat berharga sebagai penerima beasiswa TPL ini. Berkat beasiswa tersebut, putri saya dapat mengecap bangku perkuliahan hingga ke Bandung. Bahkan saat ini semakin bersyukur karena mereka semua akan langsung bekerja di TPL,” ucap Tarigan.

Camat Parmaksian, Paiman Butarbutar mengatakan bahwa program ini merupakan terobosan yang luar biasa demi meningkatkan Indeks Prestasi Manusia (IPM) di Kabupaten Toba.

Paiman mengaku bahwa siswa penerima beasiswa ini tidak hanya diseleksi secara akademis saja, tapi dipilih dari yang terbaik untuk dapat membanggakan daerah asalnya.

“Harapan kami ke depan, PT TPL dapat terus berkontribusi dan tetap memperhatikan masyarakat di sekitarnya. Kita berharap PT TPL meningkatkan program positif dan bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Paiman.

Ramida Siringoringo, selaku Manager Community Development (CD) PT TPL mengatakan bahwa bantuan pendidikan merupakan salah satu bentuk komitmen perusahaan terhadap pengembangan sumber daya manusia.

“Hal baik akan kami tetap kembangkan agar masyarakat dapat terus merasakan manfaat dari perusahaan. Kami juga berharap adik penerima beasiswa yang sekarang sudah bekerja di PT TPL akan memberikan kontribusi tidak hanya kepada perusahaan, terlebih kepada orang di sekitarnya,” pungkas Ramida.

Tidak hanya beasiswa kepada anak berprestasi, PT TPL juga telah berkontribusi di bidang pendidikan dalam hal pembangunan gedung sekolah, penyediaan mobile sekolah, penyediaan komputer, pengadaan APE Luar & Dalam, serta pembangunan Sopo Baca Lestari di beberapa wilayah sekitar operasional perusahaan khususnya di Kabupaten Toba.

Dengan ini, PT TPL selalu hadir berkontribusi untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat. (a36)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2