Waspada
Waspada » Bantu Pemulihan Ekonomi, 400 Ribu Mahasiswa Bakal Terjun Ke Masyarakat
Pendidikan

Bantu Pemulihan Ekonomi, 400 Ribu Mahasiswa Bakal Terjun Ke Masyarakat

Sesdirjen Dikti Kemendikbud Paris Nurwandani

JAKARTA (Waspada): Pertumbuhan ekonomi yang terus merosot akibat pandemi membuat pemerintah terus putar otak. Daya upaya dikerahkan, termasuk meningkatkan peran serta pendidikan tinggi.

Untuk itu, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menerjunkan 400 ribu mahasiswa ke berbagai daerah guna mencari solusi bangkit dari keterpurukan ekonomi.

“Mahasiswa akan berupaya bersama-sama masyarakat di daerahnya untuk mencari solusinya bagaimana bangkit dari keterpurukan ekonomi. Karena tidak mudah membalikkan ekonomi dari minus delapan ke plus lima, misalnya,” kata Sekretaris Ditjen Dikti, Paristiyanti Nurwardani di Jakarta, Jumat (4/9).

Rencana ini, lanjut Paris, sejalan dengan implementasi Kampus Merdeka yang digaungkan Mendikbud Nadiem Makarim.

Seperti apa mekanismenya, Paris menjelaskan kalau para mahasiswa ini nantinya bersama-sama turun ke daerah masing-masing dengan cara mengidentifikasi masalah, mencari solusi dan mencermati produk atau jasa apa yang paling bagus untuk membangkitkan perekonomian.

“Upaya peningkatan ekonomi ini juga akan melibatkan industri dalam proses hilirisasi dan sebagai bentuk implementasi Kampus Merdeka,” imbuh Paris.

Selain menerjunkan 400 ribu mahasiswa untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di akar rumput, Ditjen Dikti juga akan meluncurkan platform daring untuk mewujudkan penta helix.

Platform yang diberi nama `Kedai Reka` tersebut akan mempertemukan akademisi, pengusaha, komunitas, pemerintah, dan media sebagai proses hilirisasi inovasi di perguruan tinggi.

“Platform Kedai Reka akan menjadi wadah pertemuan inventor dari sisi dosen dan mahasiswa, dan investor atau pengusaha dalam rangka untuk mengimplementasikan Kampus Merdeka,”pungkas Paris. (J02)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2