Waspada
Waspada » Astraotoshop ‘Nikah Massal’ Dengan SMK Bisnis Daring
Pendidikan

Astraotoshop ‘Nikah Massal’ Dengan SMK Bisnis Daring

JAKARTA (Waspada): Program nikah massal antara pendidikan vokasi dan industri yang digaungkan Kemendikbud, digarap dengan apik oleh Astraotoshop bekerja sama dengan Asosiasi Guru Marketing Indonesia (AGMARI ) dan Komunitas Sales Indonesia (KOMSI).

Ketiganya bergerak cepat dengan membuat program-program untuk peningkatan kapasitas kompetensi siswa SMK jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) di seluruh Indonesia.

“Walaupun saat ini sedang ada pandemi covid-19 namun hal ini tidak membatasi kreativitas dalam mendukung siswa agar bisa meningkatkan kompetensi yang sesuai dengan dunia industri,” ujar Digital Marketing Department Head Astra Otoparts, Nugroho Arifianto, dalam webinar, Selasa (27/10/2020).

Program yang diadakan selama masa pandemi ini adalah SMK Marketing Competition ( SMC ), Praktik Kerja Lapangan (PKL) online dan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK bidang marketing.

Dedy Budiman M.Pd, ketua Pembina Asosiasi Guru Marketing Indonesia (AGMARI) yang menginisasi program ini juga berharap semua program yang dilakukan ini pada akhirnya bisa mendukung keberhasilan pernikahan massal Antara Industri dan Vokasi khususnya SMK jurusan BDP.

“Kami mengharapkan kondisi yang penuh keterbatasan seperti ini jangan dijadikan halangan atau hambatan untuk terus berkembang, justru ini merupakan momentum untuk lebih dapat memaksimalkan dunia digital, baik untuk pemasaran dan penjualan,’ imbuh Dedy.

SMC merupakan kompetisi antar siswa SMK jurusan Bisnis Daring Pemasaran. Kompetisi yang didukung penuh oleh Direktorat SMK dan Astraotoshop, merupakan kompetisi yang menantang bagi siswa BDP.

Mulai dari pembuatan strategi marketing untuk Astraotoshop, pemasaran melalui media social hingga kompentensi Selling, sebagai kompetensi yang digunakan untuk mengukur kemampuan peserta lomba. Berbagai kompetensi yang dilombakan, merupakan kompetensi sesuai kebutuhan dunia kerja. Dengan mengikuti kompetisi ini, secara langsung peserta diberikan berbagai tantangan untuk dapat diselesaikan.

Peserta SMC diikuti oleh 204 team perwakilan 55 sekolah dari 6 provinsi di pulau Jawa. Kompetisi ini mulai bulan Februari – Juli 2020. Dengan pemenang Juara I team DKI Jakarta (De Overwining Team), juara II team Tangerang (Dubes Glory) dan team Sukabumui (Cometsa), team Kebumen ( Astraindo) dan team Depok (Desta MC)

Program kedua adalah PKL Online. Program PKL yang digagas oleh AGMARI merupakan solusi bagi sekolah yang memang belum bisa melaksanakan program PKL karena kondisi pandemi.

Pelaksanaan PKL online dengan model New PKL merupakan salah satu cara penerapan program SMK tetap dapat berjalan. Sejalan dengan kompetensi keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran, PKL yang dilaksanakan online ini, melatih siswa dalam menjalankan tugas yang diberikan perusahaan melalui daring. Mulai dari produksi konten, promosi produk hingga melakukan penjualan dilatih selama 3 bulan.

Program PKL dilaksanakan mulai bulan Juli-September 2020 diikuti oleh kurang lebih 1000 siswa BDP dari seluruh Indonesia. Dengan mengikuti PKL Online, siswa BDP akhirnya memahami dunia kerja dibidang digital marketing.

Ketiga adalah LKS Marketing. Lomba Kompetensi Siswa merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat SMK, untuk tahun ini dibawah Pusat Prestasi Nasional.

LKS untuk BDP diselenggarakan dengan materi kekinian. Materi lomba sepenuhnya terkait dengan kompetensi Digital Marketing merupakan kebutuhan industri saat ini untuk lulusan BDP. Dengan adanya kompetisi ini diharapkan banyak bibit baru dan siap masuk dunia kerja dan berwirausaha dengan bekal berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan selama kompetisi berlangsung.

LKS Marketing Online dimulai dari bulan September dengan membuat Business Model Canvas Astraotoshop yang diaplikasikan dalam kegiatan kompetisi. Kemampuan digital marketing siswa mulai dari produksi konten hingga melakukan strategi iklan pada social media diujikan pada tahap 3.

Dari kegiatan LKS ini seluruh SMK BDP yang ada di Indonesia diberikan gambaran langsung dunia kerja sesungguhnya. Praktisi yang terlibat langsung merupakan praktisi yang ahli pada bidangnya termasuk praktisi digital marketing, sales hingga strategi marketing. (J02)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2