Waspada
Waspada » Amalkan Dasa Darma, Tim Relawan Pramuka SMAMSA Peduli Covid-19
Pendidikan

Amalkan Dasa Darma, Tim Relawan Pramuka SMAMSA Peduli Covid-19

Tim relawan pramuka SMA Muhammadiyah 1 Medan, sebelum melaksanakan penyemprotan di beberapa kelurahan di sekitar Kotamatsum.Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Sebagai upaya melakukan pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19) di wilayah Kecamatan Medan Area, relawan Pramuka SMA Muammadiyah 1 Medan bekerja sama dengan para alumni Pramuka (Purna Ambalan) SMA Muhammadiyah 1 Medan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di empat kelurahan di wilayah Kecamatan Medan Area .

Dalam kegiatan yang berlangsung selama tiga hari sejak Kamis-Sabtu (16-17/4) tim relawan Pramuka SMA Muhammadiyah 1 Medan di bawah pimpinan pembina Pramuka Meydi Aryanto melakukan penyemprotan di sekitar Kelurahan Kotamatsum I, II, III, dan IV.

Meydi Aryanto mengatakan, kegiatan ini murni atas inisiatif dirinya bersama para anggota Pramuka SMA Muhammadiyah 1 Medan untuk melakukan penyemprotan di sekitar wilayah Komatamatsum.

“Mengingat semakin meluasnya wabah Covid-19 ini maka dirinya mengajak seluruh anggota Pramuka di bawah binaannya mengamalkan dasa darma dengan bersama-sama membantu pemerintah berjuang mencegah penyebaran Covid-19 ini,” ujarnya

Meydi mengatakan, sebelumnya dirinya telah meminta izin kepala sekolah SMA Muhammadiyah 1 Medan. “Kepala sekolah memberikan izinkan dengan syarat harus ada izin dari dari orangtua dan kegiatan dilakukan sesuai prosedur dengan tetap menjaga keamanan diri para anggota relawan,” ujarnya.

Dalam kegiatan itu pihaknya juga mendatangi pihak kelurahan Kotamatsum 2 dan Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) kota Medan untuk meminjam sejumlah peratan penyemprotan termasuk cairan disinfektan.
“Selain melakukan penyemprotan kita juga mengajak masyarakat untuk tetap berada di rumah, menjaga kebersihan dengan cara rajin mencuci tangan pakai sabun dan jangan Mudik,” ujarnya.

Sementara itu Kepala SMA Muhammadiyah 1 Medan Abdullah Ihsan, S.Pd mengatakan, di tengah wabah COVID-19 yang mengancam dan jumlah korban yang terus meningkat signifikan, dimana para guru dan para pelajar lainnya dirumahkan.

Mereka para pramuka berusaha untuk memberikan baktinya dengan melakukan kegiatan penyemprotan rumah warga dan rumah ibadah di seputaran Kecamatan Medan Area yang juga berstatus zona merah.

“Pihaknya menyampaikan apresiasi yang luar biasa untuk bakti nyata mereka para pramuka SMA Muhammadiyah 1 Medan yang secara tidak langsung berusaha menyelamatkan warga dari ancaman Covid-19 ini, jiwa kepramukaan mereka terpanggil untuk tidak bisa tinggal diam melihat wabah yang terus mengancam warga. ” ujarnya.

Senada dengan itu Wakil Kepala Sekolah Bidang kesiswaan Muhardi Kahar mengatakan, Pramuka SMA Muhammadiyah 1 Medan selalu melahirkan kreatifitas dan ide-ide yang luar biasa dalam keadaan bagaimanapun.

“Terus terang kita tidak menginstruksikan mereka untuk melakukan kegiatan penyemprotan ini, namun mereka punya ide sendiri bahkan mereka menyumbangkan dalam bentuk materi.” ujarnya. Tentunya pihak sekolah mendukung dan juga memberikan bantuan akomodasi untuk kelancaran tugas mereka.

Dia berharap dengan kegiatan ini, dapat menggugah masyarakat untuk memiliki kesadaran dan dapat mengikuti anjuran pemerintah terkait pencegahan dan memutus rantai penyebaran Covid-19.bu
“Semoga dengan kegiatan ini, masyarakat bisa lebih sadar dan waspada terhadap virus yang mematikan tersebut,” ungkapnya. Erzilmarkos

 

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2