Waspada
Waspada » 106 Siswa Siswi SMAN I Kutacane Ikuti Jalur SNMPTN
Aceh Pendidikan

106 Siswa Siswi SMAN I Kutacane Ikuti Jalur SNMPTN

KUTACANE (Waspada): 106 Siswa siswi SMAN I Kutacane, Kabupaten Aceh Tenggara (Agara) mengikuti jalur undangan seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun ajaran 2021.

“Namun bila ada siswa siswi nantinya lulus seleksi SNMPTN, lalu tidak melanjutkannya, yang bersangkutan akan diberi sanksi berupa dalam surat pernyataan dari wali murid senilai 10 juta rupiah,” demikian Kepala SMAN I Kutacane, Kabupaten Agara Salihin SPd MSi (foto) yang didampingi Yuri Dewi guru bidang peningkatan mutu, kepada Waspada di ruang kerjanya, Jumat (5/3).

Sanksi yang diberikan tersebut, sebutnya, guna meningkatkan kesungguhan siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri.

Dari 106 siswa tersebut, kata dia, disesuaikan dengan hitungan kelas 12 pada ajaran 2021 yang sebanyak 265 siswa, atau 40% dari hitungan tersebut.

Dijelaskannya, SMA Negeri 1 Kutacane adalah sekolah tipe A, di prioritaskan siswanya untuk masuk ke peguruan tinggi negeri, sejumlah 40% dari jumlah siswa kelas 12.

Untuk menghindari siswa mengikuti SNMPTN yang tidak melanjutkan pendidikan ke peguruan tinggi negeri, pihak sekolah dan wali murid sepakat membuat surat pernyataan.

“Memang ada beberapa wali murid yang komplin sebelumnya, tetapi itu hanya sekedar bertanya, setelah dijelaskan tujuan surat pernyataan itu, akhirnya semua wali murid setuju,” jelasnya.

Salihin melanjutkan, tujuan surat pernyataan itu, untuk kebaikan pendidikan siswa yang menempuh pendidikan di sekolah tersebut.

“Tidak sedikit siswa tamatan dari sekolah ini sudah menduduki Peguruan Tinggi Negeri ternama yakni, Universitas Indonesia (UI) dan Institut Tekhnologi Bandung (ITB). Semoga semakin bertambah siswa masuk ke Peguruan Tinggi Negeri ke Universitas yang ternama,” pungkas kepsek menambahkan. (cseh)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2