Pemkab Tapsel Akan Gelar 38 Pilkades

SIPIROK (Waspada): Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan akan gelar 38 Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 10 dari 15 kecamatan pada 19 November mendatang.

Pemkab Tapsel Akan Gelar 38 Pilkades
DINAS PMD Tapsel sosialisasikan pelaksanaan 38 Pilkades serentak kepada panitia dan Kasi Pemerintahan 10 kecamatan. (Waspada/Ist)

38 Pilkades itu, lima di Kecamatan Angkola Barat, empat di Kec. Angkola Muaratais, enam di Kec. Angkola Selatan, dua di Kec. Arse, tujuh di Kec. Batang Angkola, dua di Kec. Batangtoru, tiga di Kec. Marancar, dua di Kec. Sayur Matinggi, lima di Kec. Sipirok, dan dua di Kec. Tantom Angkola.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) telah mensosialisasikan tahapan-tahapan pelaksanaannya kepada seluruh Panitia Pilkades di dampingi Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan Kecamatan masing-masing, Jumat (6/9).

Adapun panitia yang bertugas di Pilkades nanti, sebanyak tujuh orang per Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan ditambah dua orang petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas).

Sekretaris Dinas PMD Tapsel Maratinggi Siregar bertindak sebagai narasumber sosialisasi tersebut. Membawakan materi tentang teknis pelaksanaan dan tufoksi Panitia Pilkades secara konfrehensif. Bertujuan agar pelaksanaannya nanti tidak melabrak aturan yang ditetapkan.

Kadis PMD Tapsel Muhammad Yusuf melalui Kabid Pemerintahan Desa Ricky Hadamean Siregar mengatakan, sosialisasi ini cukup penting. Karena pelaksanaan Pilkades sangat rentan terhadap gesekan maupun berbagai persepsi di masyarakat. 

"Dengan sosialisasi ini, kita harap petugas atau Panitia Pilkades lebih memahami aturan yang ada dan menjalankan tugasnya dengan baik dan benar, sehingga persepsi negatif dapat diminimalisir," harap Ricky. (a27)