Pemkab Aceh Tamiang Bagikan Masker

ACEH TAMIANG (Waspada): Menyikapi semakin pekatnya kabut asap akibat kebakaran hutan dan berimbas hingga ke Aceh dan khususnya Aceh Tamiang sehingga jajaran Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang kembali melakukan pembagian masker kepada masyarakat pengguna jalan.

Pemkab Aceh Tamiang Bagikan Masker
Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil saat memasangkan masker pada salah seorang bocah yang sedang melintas dengan becak mesin di perismpangan Kelana, Kota Kualasimpang. Waspada/ Yusri

Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil yang turun langsung melakukan pembagian masker pada Senin (23/9) pagi di seputaran Kota Kualasimpang mengatakan, pembagian masker dilakukan untuk mengantisipasi efek kabut asap kiriman Karhutla di Riau dan sekitarnya.

Bupati Mursil mengimbau, supaya masyarakat sebisa mungkin selalu menggunakan masker ketika beraktivitas di luar, karena menurunnya kualitas udara di Aceh Tamiang seminggu terakhir ini akibat kabut asap kiriman.

“Saya imbau masyarakat kiranya bisa mengurangi aktivitas di luar rumah, jikapun mesti beraktivitas di luar, usahakan selalu menggunakan masker dan banyak minum air putih,” ungkap Mursil.

Berbicara kemungkinan meliburkan aktivitas sekolah sebagai imbas kabut asap, Bupati Mursil mengatakan, Pemkab Aceh Tamiang akan terus memantau kondisi cuaca dan tingkat polusi yang ada. Ia berharap, kabut asap yang melanda sebagian Indonesia segera berakhir. “Kita doakan semoga turun hujan di sini, dan di pusat Karhutla sana. Supaya bencana asap ini segera berakhir,” harapnya.

Kepala BPBD Aceh Tamiang, Syahri disela-sela mendampingi Bupati Mursil mengatakan, pihaknya membagikan 1500 lembar masker kepada masyarakat, "Kita menargetkan siswa atau pelajar sebagai sasaran pemberian masker serta pengguna jalan yang melintas di titik pembagian," ujar Syahri.

Disebutkannya, adapun titik pembagian, yakni, di depan Markas Polisi Militer Karang Baru, Simpang Kelana dan Perempatan Rantau, Kota Kualasimpang. "Selama kabut asap kiriman masih melanda Aceh Tamiang, BPBD bersama SKPK terkait akan membagikan masker secara berkala kepada masyarakat dan pembagian akan disertai imbauan agar selalu mengenakan masker ketika beraktivitas di luar rumah," demikian kata Syahri.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Mursil terlihat langsung memasangkan masker kepada beberapa pengguna jalan yang melintas di Simpang Kelana, Kota Kualasimpang. Selain jajaran BPBD, tampak Staf Ahli Bupati bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Amiruddin AR. dan Staf Ahli Bupati bidang Kemasyarakatan dan Sumberdaya Manusia, Zulfiqar serta Kepala Bagian Humas Agusliayana Devita, ikut membagikan masker di sana. (Cri).