Pembukaan Jalan Baru, Produksi Sawit Meningkat

PALAS (Waspada): Petani sawit di Desa Hutaraja Lamo hingga Desa Mondang, Kecamatan Sosa, Kabupaten Padanglawas (Palas) sumringah. Pasalnya, dengan pembukaan jalan baru yang merupakan kegiatan fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), jumlah produksi sawit Tandan Buah Segar (TBS) meningkat dari 600 ton per bulan kini menjadi 650-700 ton per bulan. Jalan yang baru dibuka sepanjang 4.200 meter dari Desa Hutaraja Lamo menuju Desa Mondang, Kecamatan Sosa.

Pembukaan Jalan Baru, Produksi Sawit Meningkat
Satgas TMMD Kodim 0212/TS dibantu masyarakat kebut pembangunan jalan dari Desa Hutaraja Lamo menuju Desa Mondang.Waspada/Ist

Kepala Desa (Kades) Hutaraja Lamo, Ali Atas Hasibuan, Rabu (17/7) mengatakan, jika dirata-ratakan untuk jumlah produksi tanaman sawit mengalami kenaikan 50 ton perbulan. "Jika dirata-ratakan, ada kenaikan dari 600 ton menjadi 650 ton perbulan. Hal tersebut karena dibukanya akses jalan Desa Mondang hingga Desa Hutaraja Lamo, Kecamatan Sosa melalui kegiatan TMMD ke 105 Kodim 0212/TS," ujarnya.

Dia mengatakan, masyarakat desa berterimakasih karena dibukanya akses jalan yang menjadi penghubung Desa Hutaraja Lamo dengan Desa Mondang. "Dengan dibangunnya jalan tersebut, peningkatan ekonomi masyarakat desa ke depan diharapkan menjadi lebih baik lagi," katanya.

Sedangkan, tokoh pemuda Naposo Nauli Bulung (NNB) Desa Hutaraja Lamo, Syarif Husen Hasibuan mengaku merasakan langsung manfaat dari apa yang dikerjakan TNI untuk masyarakat desa. "Kami juga berharap hingga selesainya pelaksanaan TMMD, pemuda yang ada di desa ini diajarkan kedisiplinan, wawasan kebangsaan dan kreatifitas," ucapnya. (c02)