Waspada
Waspada » Rutin Ganti Oli Dukung Motor Selalu Prima
Otomotif

Rutin Ganti Oli Dukung Motor Selalu Prima

SALAH satu bagian dari mesin yang penting untuk diperhatikan adalah kualitas oli yang digunakan. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Perawatan sepeda motor merupakan hal wajib yang harus dilakukan secara rutin. Ada banyak sekali macamnya, mulai dari perawatan body, kelistrikan, mesin, rantai, tekanan angina ban, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Salah satu bagian dari mesin yang penting untuk diperhatikan adalah kualitas oli yang digunakan, dimana bagian ini menjadi salah satu komponen yang berfungsi melumasi komponen mesin untuk mengurangi gesekan dan menjaga performa kendaraan tetap optimal, lancar dan memiliki akselerasi yang ringan.

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumut mengungkapkan, melihat besarnya manfaat oli untuk menjaga performa motor, maka dibutuhkan kepedulian para pengguna motor untuk memahami pentingnya melakukan penggantian oli secara berkala.

Apalagi dampak dari kelalaian mengganti oli dapat menyebabkan komponen di dalam mesin menjadi rusak sehingga motor harus turun mesin. Kepedulian pada pecintanya terus ditunjukkan Honda dengan mengajak pecintanya untuk tidak hanya melakukan perawatan pada motornya di bengkel resmi, namun juga memperkaya wawasan dan pengetahuan terkait fungsi dan manfaat berbagai komponen pada motor kesayangan.

Seperti halnya berbagi pengetahuan tentang pentingnya peranan oli mesin pada kinerja motor. Pertama, tidak hanya melindungi komponen mesin dari gesekan, namun oli mesin juga memiliki fungsi sebagai pendingin. Hal ini untuk menjaga mesin tetap pada suhu ideal. Suhu mesin yang ideal tentunya akan membuat kinerjanya lebih optimal.

Kedua, oli motor berkualitas tentunya tak hanya berfungsi sebagai pelumas saja. Namun, mampu membersihkan komponen motor, khususnya dari kotoran sisa pembakaran. Selain itu, oli juga berfungsi mengendalikan akibat gesekan antar komponen, sehingga tidak menempel pada bagian-bagian penting mesin.

Ketiga, oli juga bermanfaat untuk meredan dan menghaluskan suara mesin motor. Karena, jika mesin motor terdengar kasar, kemungkinan diakibatkan dari oli yang sudah lama terpakai atau karena spesifikasi oli tidak sesuai dengan yang dianjurkan.

Keempat, oli motor memiliki kandungan yang berfungsi melindungi komponen mesin dari korosi atau karat, mengingat komponen mesin yang terbuat dari logam sangat rentan terhadap proses oksidasi yang bisa menimbulkan korosi.

Erwin Chandra menambahkan, bahwa motor Honda sendiri memliki oli berkualitas, AHM Oil yang menerapkan teknologi Engine Protection Technology yang dikembangkan oleh Tim Research & Development Honda Jepang untuk melindungi dan menjaga performa mesin agar tetap optimal.

“Adapun keunggulan AHM Oil yaitu lebih irit BBM, kedua mesin lebih tahan lama, ketiga performa menjadi lebih maksimal dan keempat AHM Oil lebih tahan temperature tinggi/panas,” ujar Erwin Chandra, Senin (8/3). (adv)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2