Waspada
Waspada » Posisi Aman Berkendara Dengan Motor Sport
Otomotif

Posisi Aman Berkendara Dengan Motor Sport

FAKTOR kenyamanan menjadi sangat penting ketika berkendara dengan motor sport. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Saat ini sepeda motor sudah jadi transportasi penting. Jenis sepeda motor pun beragam, mulai bebek, skuter, hingga motor sport kerap dijadikan tunggangan harian.

Jika dilihat dari jenisnya, motor sport memiliki ciri khas tersendiri. Posisi tangki bahan bakar di depan pengendara dan jarak stang yang jauh dari jok, membuat cara mengendarai jenis motor ini berbeda dari jenis motor lainnya.

Memiliki mesin powerfull juga membuat pengendaranya ingin selalu memutar throttle gas lebih dalam, terutama jika berjumpa jalan lurus dan mulus.

Posisi badan yang agak menunduk juga menuntut para pengendara sport untuk tetap mengutamakan faktor kenyamanan sehingga tetap bisa berkonsentrasi penuh saat berkendara.

Setelah mendapat posisi berkendara yang cukup nyaman, perhatikan juga bagian lengan, karena ketika mengendarai motor sport, maka lengan juga harus sedikit menekuk.

Ismed Risya, Tim Safety Riding PT Indako Trading Coy mengungkapkan bahwa faktor kenyamanan menjadi sangat penting ketika berkendara dengan motor sport, namun tidak semua pengendara memahami bagaimana posisi yang benar saat mengendarai motor tersebut.

“Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah posisi badan dan tangan sebaiknya rileks dan jangan terlalu kaku. sehingga kondisi tubuh tidak cepat lelah, dan dapat menyebabkan berkurangnya tingkat konsentrasi saat berkendara,” ujar Ismed, Jumat (27/11).

Selanjutnya upayakan dalam mengoperasikan tuas rem depan atau kopling dengan cara yang aman, yaitu menekan ujung tuas keduanya dengan empat jari, sehingga akan mendapatkan hasil pengereman yang maksimal.

Selain lengan yang menekuk, bobot dari tubuh juga harus lebih banyak bertumpu pada bagian belakang motor. Kemudian, kedua paha mengapit tangki bahan bakar mengantisipasi pergeseran riding position ketika terjadi pengereman mendadak saat kecepatan tinggi.

“Selain kenyamanan dan keselamatan, sikap rendah hati dan tidak mudah terprovokasi sesama pengguna motor juga menjadi poin penting untuk diperhatikan saat berkendara menggunakan sepeda motor sport.

Budaya mematuhi peraturan lalu lintas dan menjadikan keselamatan berkendara dan #Carib_Aman sebagai gaya hidup berkendara pastinya akan menjadi inspirasi dan menambah kebanggaan para pecinta motor sport saat berkendara, “ tambah Ismed Risya. (adv)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2