Waspada
Waspada » Motor Prima Dukung Berkendara Aman Masa PPKM
Otomotif

Motor Prima Dukung Berkendara Aman Masa PPKM

SEPEDA motor menjadi armada paling efektif dan efisien menemani aktivitas harian masyarakat khususnya pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat saat ini. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Sebagai armada paling efektif dan efisien menemani aktivitas harian masyarakat khususnya pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, menjadikan sepeda motor dengan kondisi prima sebagai kebutuhan penting.

Tidak bisa dipungkiri, kondisi kendaraan yang kurang baik berpotensi menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan dan berbagai kondisi yang tidak diinginkan.

Sofian Hazri, Instruktur Safety Riding PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, dalam masa PPKM, motor masih menjadi teman setia masyarakat yang ingin beraktivitas.

“Namun jika PPKM mengharuskan untuk melaksakan kegiatan di rumah saja, maka banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu dengan aktivitas yang bermanfaat, seperti halnya merawat dan memastikan kondisi kendaraan kesayangan,” ujar Sofian, Kamis (22/7).

Aktivitas bermanfaat dimaksud pertama mencuci motor mulai dari body, bagian luar mesin, rantai serta bagian bawah jok/bagasi. Selain motor jadi bersih, juga dapat mengetahui beragam kemungkinan kerusakan yang terjadi seperti lecet bodi ataupun bagian mesin yang rembes oleh oli, cairan rem, ataupun cairan pendingin mesin, sehingga kita dapat melakukan pengecekan dan perawatan selanjutnya.

Kedua, memeriksa kondisi oli mesin dan oli CVT pada motor juga menjadi hal yang sangat penting. Dimana dapat dilakukan dengan membuka tongkat oli atau dipstick untuk mengetahui tingkat keenceran oli dan level tinggi oli. Selanjutnya, jika oli sudah dalam kondisi encer maka Honda lovers sudah wajib untuk menggantinya.

Ketiga, memastikan kondisi rantai dan CVT Fit dengan mengecek kondisi kekencangan serta kehausan rantai untuk motor type cub dan sport. sedangkan pada motor tipe AT/matic bisa dilakukan dengan menyalakan motor sembari mendengarkan suara mesin dan bagian CVT untuk mendeteksi adanya gangguan

Keempat, pastikan kondisi ban dalam keadaan baik dengan memperhatikan TWI (tread wear indicator) atau tanda segitiga yang terletak pada sisi samping ban sepeda motor yang berfungsi untuk mengetahui kehausan telapak ban pada motor. Jika ketebalan ban motor sudah mencapai batas TWI maka sudah di sarankan untuk melakukan penggantian ban.

Kelima, rem adalah bagian yang sangat penting pada motor, sehingga penting untuk memastikan komponen rem bekerja dengan baik , seperti mengecek kamvas rem dengan cara melakukan pengereman di sepeda motor jika ada terasa kasar di bagian cakram maka ada indikasi kamvas rem sudah haus dan layak untuk di ganti.

“Pemeriksaan terakhir untuk dapat #Cari_aman berkendara di masa PPKM dengan memastikan seluruh komponen penting dalam berkendara seperti lampu, kondisi tekanan angin ban, dan spion masih baik untuk digunakan berkendara,” ucap Sofian.

“Jangan khawatir, jika motor butuh perawatan yang lebih intensif ketika Honda Lovers lakukan pengecekan di rumah, maka dapat memanfaatkan layanan home service  AHASS Servis Kunjung (ASK) pada aplikasi booking servis Honda Sumut,” tambah Sofian. (adv)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2