Waspada
Waspada » Lagi Naik Daun, Ini Tips Membeli Mobil 90an Idamanmu
Otomotif

Lagi Naik Daun, Ini Tips Membeli Mobil 90an Idamanmu

Tips membeli mobil 90an
Perhatikan tips membeli mobil 90an agar tak salah pilih dan menyesal di kemudian hari. (Waspada/Aldion)
Simak tips membeli mobil 90an ini agar tak salah pilih dan menyesal di kemudian hari

Waspada –  Mobil 90an sekarang tengah diburu. Sejumlah selebritas Tanah Air banyak yang berlomba-lomba meminang kendaraan 90an.

Nostalgia merupakan alasan utama para penggemar membeli mobil dekade ini.

Selain itu, mobil lansiran 1990-an memang dikenal bandel dan berkualitas.

Sebut saja mobil seperti Honda Estilo, Mitsubishi Lancer, BMW E30/E36, Mercedes W202, Toyota Corolla AE92, Toyota Starlet, dan lain sebagainya, terus diburu. Dan harganya pun semakin aduhai.

Nah, buat kamu yang berminat memiliki dan sedang berusaha mencari yang terbaik, ada bagusnya mencermati tips membeli mobil 90an berikut ini.

Menurut kepala mekanik bengkel AutoMaut, Rifi, kepada Waspada, Sabtu (13/2/2021), ada tiga sektor penting yang perlu diperhatikan jika ingin membeli mobil 90an.

1. Eksterior

Jangan keburu gelap mata dengan penampilan mobilmobil buruanmu yang terlihat sangat mulus. Perhatikan, apakah mobil itu banyak dempulan.

Jika mobil banyak dempulan, ketika diketok dengan jari, suaranya tidak akan nyaring, istilahnya ‘ngaleng’.

“Mobil yang dempulnya tebal, besar kemungkinan pernah mengalami insiden, entah ketabrak atau kesenggol,” kata Rifi yang bermarkas di Simpang Kayu Besar, Tanjung Morawa, Sumatera Utara, ini.

“Perhatikan, apakah bodynya masih lempeng atau nggak. Terutama di bagian depan dan belakang. Karena itu bagian yang rawan tabrakan,” lanjutnya.

Untuk kaki-kaki, calon pembeli wajib melakukan test drive. Jika kaki-kaki terdengar ‘ramai’ saat digunakan, itu tandanya banyak parts yang harus diganti.

Cek bushing, ball joint dan tie rod. Kemudian beralihlah mengecek fungsi shockbreaker dan per. Periksa jika ada kebocoran.

Mobil yang kaki-kakinya normal akan nyaman, senyap, dan terasa padat saat dikendarai.

2. Interior

“Pastikan seluruh bagian dalam kendaraan masih full orisinil dan tak banyak keretakan di bagian dashboard dan plastik-plastiknya,” kata Rifi.

Ia juga menekankan, agar calon pembeli memperhatikan apakah mobil tersebut pernah kebanjiran atau tidak.

“Kendaraan yang pernah kebanjiran, karpet dan joknya akan terlihat ada semacam garis dan kabin pasti tercium berbau lumpur,” sambung Rifi mengingatkan.

Ia menambahkan, jangan lupa mengecek kelistrikan instrumen cluster. Jika semua lampu kabin dan indikator berfungsi, maka mobil tersebut layak diperhitungkan.

3. Mesin

Ini bagian terpenting yang wajib diteliti. Untuk kendaraan yang berusia 30an, jangan harap dapat yang kilometernya rendah.

“Dapat yang kilometernya 150.000 itu udah syukur betul. Apalagi kalo bisa di bawahnya, beruntung namanya,” seloroh Rifi, yang sudah belasan tahun menangani mobil 90an ini.

“Periksa timing belt, dengarkan suara mesin. Mesin yang sehat gak akan mengeluarkan suara kasar.”

Mekanik 32 tahun ini juga menyarankan agar calon pembeli menyalakan mesin guna mengecek temperatur kendaraan. “Mobil tua itu rawan overheat,” ingat Rifi.

Dan yang terpenting, menurut Rifi, bawalah mekanik atau teman yang mengerti mobil, agar tak salah langkah.

Demikian tips membeli mobil 90an idamanmu. Selamat berburu dan jangan salah pilih ya. (M11)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2