Waspada
Waspada » Jangan Cuma Gaya, Kenali Jenis Helm Dan Fungsinya
Otomotif

Jangan Cuma Gaya, Kenali Jenis Helm Dan Fungsinya

HELM sebaiknya digunakan bukan karena peraturan yang mewajibkan, namun lebih kepada kesadaran untuk mengutamakan keselamatan. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Sebagai salah satu piranti yang wajib digunakan saat berkendara dengan sepeda motor, helm sebaiknya digunakan bukan karena peraturan yang mewajibkan, namun lebih kepada kesadaran untuk mengutamakan keselamatan.

Karena tidak hanya melindungi kepala dari kemungkinan benturan yang akan terjadi, namun helm juga menjaga pandangan dari berbagai gangguan saat mengendarai kendaraan.

Namun, meski sudah mengetahui resiko terburuk yang dapat timbul akibat kelalaian tidak menggunakan helm, masih saja ada pengendara yang mengabaikan penggunaannya.

Padahal ketika naik motor dengan jarak yang jauh maupun dekat, seharusnya tetap menggunakan helm untuk melindungi kepala.

Ismed Risya, Tim Safety Riding PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan para pengendara juga sebaiknya memahami fungsi dari berbagai jenis helm, sehingga dapat menyesuaikan helm yang tepat, mampu memberikan perlindungan maksimal, dan bukan sekedar gaya-gaya saja.

Pertama, helm full face memberikan proteksi atau perlindungan penuh untuk seluruh area kepala mulai dari bagian belakang, derang wajah hingga dagu.

Helm ini merupakan standar dan cocok untuk digunakan ketika berkendara, karena perlindungannya yang maksimal, membuat kepala kita terlindungi dari hujan, angin, serangga, panas menyengat bahkan hingga kerikil dan debu yang beterbangan di jalan.

Kedua, helm off road ini digunakan para pebalap motor kros atau trail yang biasa mengendarai motor di medan terjal dan sulit. Akibat risiko tinggi yang ditanggung pemakai, helm memang memberikan proteksi lebih dari sekadar melindungi kelapa dari angin dan debu.

Helm ini menutup hampir seluruh bagian kepala namun wajah tidak ditutup oleh kaca helm. Perlindungan mata dilakukan dengan pemakaian google dan area hidung yang dibiarkan terbuka berfungsi menjaga alur udara untuk bernapas tetap lancar saat berkendara

Ketiga, helm jenis dual sport ini juga mampu memberikan proteksi penuh bagi kepala. Dimana fungsi dan desain helm ini adalah gabungan dari helm full face dan offroad, sehingga penggunaan helm ini cocok untuk berkendara dengan jarak yang sangat jauh maupun di medan yang sulit, karena ia mampu melindungi bagian kepala dan wajah dari berbagai halangan seperti angin, hujan, debu bahkan diharapkan mampu mengurangi risiko cedera jika terjadi kecelakaan.

Keempat, helm berjenis modular-flip up memilki fungsi yang sama dengan helm full face, namun kelebihannya bagian bawah helm yang berfungsi melindungi dagu bisa di angkat dan kemudian helm seakan-akan menjadi helm half face.

Helm ini cocok digunakan untuk pengendara dengan jarak yang jauh karena mampu memberikan proteksi maksimal seperti helm full face.

Kelima, helm half face sebetulnya adalah modifikasi dari helm open face yang ditambahkan kaca pelindung di bagian depan untuk melindungi wajah, sehingga lebih aman dan mampu memberikan perlindungan lebih baik.

Helm full face memiliki beberapa kelebihan di antara helm lain. Namun karena bagian bawahnya terbuka, maka jenis helm half face tidak direkomendasikan untuk digunakan ketika perjalanan jarak jauh karena perlindungannya yang kurang optimal.

“Kesadaran pemotor untuk menggunakan helm terbilang masih sangat kecil. Sehingga, Honda menganggap perlu untuk terus memberikan edukasi pentingnya menggunakan helm saat berkendara ke berbagai lapisan masyarakat,” tambah Ismed Risya. (adv)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2