Waspada
Waspada » Honda Berbagi Tips Belajar Berkendara Bagi Wanita
Otomotif

Honda Berbagi Tips Belajar Berkendara Bagi Wanita

SEBELUM terjun berkendara ke jalan raya, para wanita sebaiknya terlebih dulu membekali diri dengan pengetahuan keselamatan berkendara. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Penggunaannya yang efektif, efisien dan nyaman sebagai moda transportasi harian menjadikan sepeda motor digandrungi banyak kalangan.

Kemampuan berkendara masing-masing orang juga berbeda dan sangat dibutuhkan proses belajar bagi para pemula, terutama wanita. Mengingat belajar berkendara menggunakan metode yang benar akan lebih meningkatkan kemanana dalam berkendara. .

Eka Yolahati, Instruktur Safety Riding PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumut mengungkapkan sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan dalam proses belajar motor baik untuk wanita maupun pria.

Hanya saja terkadang wanita kerap menggunakan pakaian yang tidak mendukung keamanan dalam berkendara motor. Karena itu, sebelum terjun berkendara ke jalan raya, para wanita sebaiknya terlebih dulu membekali diri dengan pengetahuan keselamatan berkendara, seperti halnya lima tips belajar motor untuk wanita berikut ini.

Tips pertama, sebaiknya memilih motor yang sesuai. Jika belum bisa sama sekali berkendara, maka akan lebih mudah belajar motor menggunakan motor matik. Karena pengoperasiannya sangat mudah, dimana cukup memutar selongsong gas dan tekan tuas rem, maka sudah dapat mulai berkendara.

“Jenis motor matik yang dipilih juga sebaiknya harus sesuai dengan postur tubuh. Jika punya badan mungil, maka motor juga jangan terlalu besar, seperti halnya kamu dapat memilih matik bergaya anak muda, Honda Beat, matik unik dan fashionable Honda Scoopy atau juga motornya para gen eksis Honda Genio,” ujar Eka Yolahati, Selasa (22/12).

Tips kedua, lebih baik mengenakan celana panjang atau rok yang tidak terlalu lebar ketika berkendara dengan motor. hindari mengenakan rok yang terlalu lebar, karena hal ini untuk menghindarkan bahaya rok terbelit roda dan rantai motor.

Menggunakan high heels juga menyulitkan perpindahan gigi di motor bertransmisi manual. Oleh karena itu, untuk belajar motor bagi wanita sebaiknya kenakan sepatu dengan alas datar dan menutupi mata kaki.

Tips ketiga, lebih baik bagi wanita tidak mengenakan perhiasan mencolok saat berlajar berkendara dengan motor, karena dapat mengundang tindak kejahatan. Sebaiknya lengkapi diri dengan perlengkapan berkendara aman, karena saat berkendara juga dapat bergaya dengan menggunakan helm dan jaket yang keren.

Tips keempat, wanita perlu memebekali diri dengan pengetahuan tentang peraturan lalu lintas. Salah satunya memahami arti dari rambu-rambu lalu lintas dasar. Dimana sedikitnya ada tiga rambu yang harus dimengerti, yatu rambu petunjuk, larangan,dan peringatan.

Tips Kelima, untuk dapat belajar motor sangat dibutuhkan pendampingan dari orang lain yang sudah mampu berkendara dengan baik, sehingga dapat mengajarkan tentang bagaimana cara menjaga keseimbangan, pengereman yang baik, serta cara bermanuver yang aman.

“#Cari_Aman harus tetap menjadi acuan dalam berkendara. Karenanya Honda terus gencar melakukan kampanye keselamatan berkendara kepada masyarakat, termasuk para wanita. Karena masih banyak kalangan wanita yang hanya menggunakan motor sebagai kendaraan saja, namun kurang memahami tata cara berkendara yang baik dan aman,“ ujar Eka Yolahati. (adv)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2